Grab Tawarkan Promo Tarif Rp1, Bikin Go-Jek Dilematis

Grab Tawarkan Promo Tarif Rp1, Bikin Go-Jek Dilematis
Driver ojek online. Foto: Radar Bogor

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat kebijakan publik Universitas Indonesia Harryadin Mahardhika menyoroti perang tarif para penyedia aplikasi transportasi online.

Menurutny, penerapan tarif terlalu rendah dan banjir promo Grab dinilai berpeluang menciptakan perang tarif yang harus diwaspadai.

"Jika dibiarkan, mau tidak mau akan menyeret Go-Jek sebagai satu-satunya kompetitor di bisnis jasa transportasi daring berbasis aplikasi ini," kata Harryadin menanggapi tudingan kelompok mitra pengemudi kepada Grab soal tarif predator.

Menurut dia, langkah itu karena Grab masih punya kekhawatiran pasar dan mencoba mengejar Go-Jek dengan melempar berbagai promo yang memicu perang tarif.

"Karena ada asumsi Go-Jek sudah mampu menerapkan tarif yang bisa menjamin kesejahteraan pengemudi," tutur dia.

Karena itu, dia memperkirakan strategi perang tarif dari Grab bisa tak bertahan lama jika Go-Jek mampu menahan gempuran tersebut.

Dia menilai, ekosistem bisnis yang dibangun Go-Jek saat ini sudah pada trek yang benar sehingga diharapkan perang tarif tak akan terjadi.

"Saya melihat ekosistem dan eksistensi Go-Jek saat ini lebih matang ketimbang kompetitornya. Sehingga, kalau mampu bertahan, maka game theory akan terjadi," kata Harryadin.

Jika dibiarkan, mau tidak mau akan menyeret Go-Jek sebagai satu-satunya kompetitor di bisnis jasa transportasi daring berbasis aplikasi ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News