Groundbreaking Proyek Terminal Tipe A di Padang Dimulai

Groundbreaking Proyek Terminal Tipe A di Padang Dimulai
Terminal bus. Foto dok JPNN.com

jpnn.com, PADANG - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) proyek pembangunan Terminal Tipe A Anak Air Padang, Sumatera Barat, Jumat (9/2).

Hal ini dilakukan sebagai upaya peningkatan kapasitas dan pelayanan transportasi, sekaligus untuk menjamin konektivitas khususnya transportasi darat di Kota Padang, Sumatera Barat.

Budi dalam sambutannya mengatakan konektivitas antarwilayah dan antar-moda di Kota Padang harus diwujudkan.

“Kami membayangkan dari Padang ke kota-kota yang lain itu harus terkoneksi dengan baik dan pada titik-titik tertentu di mana kota ini harus ada suatu terminal yang merupakan perubahan moda dari satu moda ke moda yang lain,” kata Budi.

Mantan dirut AP II ini menargetkan pembangunan Terminal Tipe A Anak Air ini nantinya akan selesai dalam dua tahun hingga 2019 atau paling lambat 2020.

“Jadi ini akan kami selesaikan 2 tahun, tahun ini akan kami selesaikan Rp 7 miliar, mungkin tahun depan Rp 60 miliar jadi ini akan selesai dalam waktu 2 tahun paling lama 3 tahun,” rinci Budi.

Dalam pembangunan terminal tipe A ini nantinya Kemenhub akan memberi ruang kepada swasta baik BUMN, semacam proyek kerja sama pemerintah dan Badan Usaha bersama.

“Memang kami ingin membangun, tetapi juga ingin melibatkan swasta supaya (pembangunan terminal) ini lebih cepat dan dana-dana ini bisa bergulir tidak saja di terminal tapi juga fungsi-fungsi yang lain seperti (pengadaan) lampu penerangan jalan, BRT (Bus Rapid Transit) dan sebagainya,” tandas Budi.(chi/jpnn)


Hal ini dilakukan sebagai upaya peningkatan kapasitas dan pelayanan transportasi sekaligus untuk menjamin konektivitas khususnya transportasi darat di Padang.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News