Gua Moko Simpan Keramik Jepang Abad XVI

Gua Moko Simpan Keramik Jepang Abad XVI
Gua Moko Simpan Keramik Jepang Abad XVI
Baubau - Keberadaan benteng Keraton Buton yang bertahan hingga kini diyakini sebagai simbol sebuah kejayaan kerajaan itu di masa lalu. Temuan sejumlah benda peninggalan masa lalu berupa keramik di Gua Moko pada kedalaman 23 meter di bawah permukaan air kian melengkapi ragam sejarah daerah tersebut.

"Indonesia memang cukup luas dan tiap daerah memiliki sejarah masing-masing, termasuk Baubau yang banyak menyimpan histori lampau. Ini membuat Kita dapat mengetahui peran daerah dimasanya," jelas Wali Kota Baubau, H MZ Amirul Tamim.

Ketua Arkeolog, Prof. Nani dalam acara itu juga memaparkan, keramik yang ditemukan di Gua Moko tersebut identik dengan temuan lain di Jepang dan Eropa. " Kami berkesimpulan, temuan di Gua Moko itu merupakan keramik berkualitas yang dipesan oleh kerajaan Eropa dari Jepang sekitar tahun 1686 untuk hiasan. untuk menyempurnakan penelitian ini, Mei 2011 mendatang Kami akan kembali ke Baubau dan Buton," kata Nani. (k1)

Baubau - Keberadaan benteng Keraton Buton yang bertahan hingga kini diyakini sebagai simbol sebuah kejayaan kerajaan itu di masa lalu. Temuan sejumlah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News