Gubernur Arinal: Lampung Memiliki Banyak Keunggulan Komparatif

Gubernur Arinal: Lampung Memiliki Banyak Keunggulan Komparatif
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi. Foto : Elfany Kurniawan/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi memaparkan perkembangan pembangunan kepada masyarakat Lampung Perantauan di Jakarta.

“Provinsi Lampung memiliki banyak keunggulan komparatif baik secara geografis, demografis, dan juga kekayaan alam,” kata Arinal dalam acara silaturahmi Forum Komunikasi Persaudaraan Lampung Perantauan (FK-PLP) di Gedung Nusantara IV, Kompleks MPR RI Jakarta, Minggu (21/11/2021).

Hadir dalam acara bertajuk “Nemui Nyimah” itu antara lain Wakil Ketua MPR RI yang juga Ketua FK-PLP Zulkifli Hasan, Menteri BUMN Erick Thohir, para Wali kota/Bupati di Provinsi Lampung dan dan tokoh-tokoh masyarakat Lampung.

Secara geografis, lanjut Arinal, Provinsi Lampung menjadi pintu gerbang Pulau Sumatra yang menghubungkan dengan Pulau Jawa serta dilalui Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI). Kemudian, secara demografis, jumlah penduduk Lampung merupakan terbesar.

Menurut Arinal, Lampung memiliki jumlah penduduk usia produktif sebesar 71,04 persen. Secara kekayaan alam, Lampung memiliki keindahan alam yang menjadi potensi pariwisata.

Selain itu, Lampung memiliki lahan yang subur sehingga menjadikan daerah sebagai penghasil komoditas utama pertanian dan menjadi salah satu lumbung pangan nasional dan pemasok 40 persen kebutuhan pangan ke ibu kota.

Menurut dia, segala keunggulan tersebut harus dapat dimanfaatkan secara baik dan dioptimalkan menjadi keunggulan kompetitif untuk kesejahteraan masyarakat Lampung.

Oleh karena itu, sejak dilantik oleh Presiden RI Joko Widodo pada 12 Juni 2019, langkah pertama yang dilakukannya adalah membangun konsolidasi internal, koordinasi eksternal, dan komunikasi dengan semua elemen mewujudkan Visi “Rakyat Lampung Berjaya, yaitu kondisi masyarakat yang Aman, Berbudaya, Maju, Berdaya Saing, dan Sejahtera.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi memaparkan perkembangan pembangunan kepada masyarakat Lampung Perantauan di Jakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News