JPNN.com

Gubernur Lukas Dorong Perempuan Menempati Jabatan Strategis, Nason Utty Bilang Begini

Jumat, 19 Juni 2020 – 22:50 WIB
Gubernur Lukas Dorong Perempuan Menempati Jabatan Strategis, Nason Utty Bilang Begini - JPNN.com
Anggota DPR Papua Nason Utty. Foto: Dokpri

jpnn.com, JAYAPURA - Kepemimpinan Gubernur Papua Lukas Enembe mendapat apresiasi. Salah satunya karena memberikan kesempatan jabatan strategis sebagai Sekda untuk bisa diduduki perempuan.

Ketika masyarakat termasuk dalam budaya Papua masih menempatkan laki-laki sebagai yang diutamakan, Lukas justru membuka peluang hadirnya perempuan dalam jabatan penting seperti seleksi lelang terbuka jabatan Sekda Provinsi Papua.

Dari lima nama yang saat ini dinyatakan lolos seleksi ada seorang tokoh perempuan yang dinominasikan bakal menduduki jabatan Sekda yaitu Juliana Waromi yang saat ini menjabat sebagai Sekwan DPR Provinsi Papua.

“Artinya kita melihat ada keberpihakan Pak Gubernur pada partisipasi perempuan dalam pembangunan manusia di Tanah Papua. Jangan lupa Papua sangat patriarki tetapi dengan munculnya seorang perempuan sebagai salah satu kandidat potensial untuk jabatan Sekda maka itu menjadi sesuatu yang sangat fenomenal,” ungkap Anggota DPR Papua Nason Utty dalam keterangannya kepada wartawan, Jumat (18/6).

Munculnya sosok perempuan dalam seleksi terbuka jabatan Sekda, menurut Wakil Ketua Fraksi Bangun Papua ini, Lukas seakan memberi pesan bagi kebangkitan perempuan Papua yang mungkin selama ini dianggap kelas dua.

“Ini tentu akan dicatat dalam sejarah bahwa perempuan di masa kepemimpinan beliau dapat kesempatan istimewa untuk melayani masyarakat melalui jabatan Sekda yang dianggap menjadi urat nadi jalannya pemerintahan seorang Gubernur," kata Nason.

Lukas, menurut Nason selama masa kepemimpinannya, memang banyak mencatat hal baik yang mendorong kebangkitan di Tanah Papua.

"Seperti tagline beliau dengan Papua Bangkit maka jelas juga keberpihakannya bagi perempuan agar ikut bangkit,” tukas Nason.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
fri