Gula Malaysia Lebih Murah

Gula Malaysia Lebih Murah
Gula Malaysia Lebih Murah
PONTIANAK- Dalam hal distribusi gula pasir, Kalimantan Barat (Kalbar) sangat diuntungkan menjadi tetangga Malaysia. Ini lantaran distribusi gula asal negeri jiran itu berlimpah di tengah permainan "Gang Samurai" dalam industri gula Indonesia.  Lagi pula, selian kualitasnya lebih bagus, harganya juga snagat murah dibandingkan gula yang diproduksi Indonesia.

Perbandingannya, gula asal Malaysia yang dijual eceran di pasar Entikong berkisar Rp6.500 per Kg, jauh berbeda dengan gula lokal yang saat ini mencapai Rp11.000 Kg.

Sayangnya, pasokan gula pasir dari Malaysia dalam beberapa waktu terakhir ini mulai menurun. Ini lantaran Malaysia membatasi gerak penjualan gula di wilayah sempadan Indonesia-Malaysia. Pengetatan ini bertujuan mencegah peredaran gula ilegal ke Indonesia.

Seperti dikutip Utusan Malaysia, Kamis (10/9), Kementerian Perdagangan Dalam Negeri, Koperasi dan Kepenggunaan mengeluarkan izin kepada pengecer yang menjual gula di sempadan Malaysia-Indonesia.

PONTIANAK- Dalam hal distribusi gula pasir, Kalimantan Barat (Kalbar) sangat diuntungkan menjadi tetangga Malaysia. Ini lantaran distribusi gula

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News