Guru Besar IPB: Pemerintahan Jokowi Berhasil Menangani Karhutla

Guru Besar IPB: Pemerintahan Jokowi Berhasil Menangani Karhutla
Guru Besar Institute Pertanian Bogor (IPB) Bambang Hero Saharjo. Foto: Dokpri for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Guru Besar Institute Pertanian Bogor (IPB) Bambang Hero Saharjo menegaskan banyak langkah koreksi dan kebijakan berani yang dilakukan di masa pemerintahan Presiden Jokowi. Mulai dari pelibatan seluruh stakeholders di pusat hingga daerah, moratorium izin kawasan gambut, hingga penegakan hukum baik sanksi administratif, perdata maupun pidana.

“Harus diakui bahwa faktanya baru di era Jokowi, Karhutla berhasil ditangani, dan tidak pernah terjadi lagi bencana skala besar dan asap lintas batas negara,'' tegas Bambang kepada wartawan, Selasa (19/2).

Baca Juga: Indonesia Berbagi Ilmu Cegah Karhutla di COP24 Polandia

Bambang menegaskan hal itu untuk menjawab sekaligus meluruskan pernyataan Koordinator juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Dahnil Azhar Simanjuntak yang menyebutkan Capres 01 Jokowi telah berbohong terkait penegakan hukum lingkungan ketika menyampaikan hal ini dalam acara Debat Kedua Capres, Minggu (17/2) malam.

Menurut Bambang, pernyataan terkait tidak terjadi lagi Karhutla oleh Jokowi harusnya dilihat secara utuh. Waktu dua menit saat debat Capres, tidak akan cukup untuk menjabarkan kedua persoalan tersebut. Faktanya, kata Karhutla dalam skala besar memang tak pernah terjadi lagi dalam tiga tahun terakhir.

Terkait dengan itu, hukum lingkungan benar-benar ditegakkan secara konsisten. 'Karhutla memang masih terjadi tahun 2016 sampai sekarang. “Namun tidak pernah lagi terjadi separah tahun 2015 dan tahun-tahun sebelumnya,” tambah Bambang.

Dengan demikian, Bambang yakin bahwa yang dimaksud Paslon 01 Jokowi yakni Karhutla tidak terjadi lagi dalam skala besar dan jumlah hotspot jauh menurun. Sementara perihal penegakan hukum lingkungan, justru baru di era Jokowi melalui Menteri LHK Siti Nurbaya, berani menggebuk para pelaku kejahatan lingkungan, khususnya Karhutla.

“Saya tidak setuju jika Jokowi disebut berbohong,” tegas ahli lingkungan IPB yang pernah digugat oleh 'pelaku pembakar hutan' ini.

Guru Besar Institute Pertanian Bogor (IPB) Bambang Hero Saharjo menegaskan banyak langkah koreksi dan kebijakan berani yang dilakukan di masa pemerintahan Presiden Jokowi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News