Guru Besar UI: Yang Menuduh Civitas Academica Diorkestrasi Pikirannya Dangkal

Guru Besar UI: Yang Menuduh Civitas Academica Diorkestrasi Pikirannya Dangkal
Sikap civitas academica dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang mengkritik pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) akan situasi politik dan demokrasi di Indonesia jelang Pemilu 2024, memang murni gerakan nurani dan pikiran. Ilustrasi Foto: Dokumentasi FTUI.

jpnn.com, JAKARTA - Sikap civitas academica dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang mengkritik pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) akan situasi politik dan demokrasi di Indonesia jelang Pemilu 2024, memang murni gerakan nurani dan pikiran. Para akademisi menganggap pihak yang merendahkan gerakan akademisi ini bentuk kedangkalan pikiran.

Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI) Harkristuti Harkrisnowo menyayangkan pihak yang berpandangan turun gunungnya para guru besar telah diorkestrasi atau menjadi partisipan dari calon yang maju di Pilpres 2024.

Hal ini disampaikannya dalam acara “webinar: Refleksi Kebangsaan Profesor Indonesia” yang diadakan oleh Asosiasi Profesor Indonesia (API). Sejumlah guru besar dari berbagai universitas hadir dalam acara tersebut.

“Saya sangat terganggu dengan adanya tuduhan-tuduhan kepada kita semuanya yaitu bahwa gerakan-gerakan kita itu adalah gerakan yang sudah diorkestrasi, buat saya itu menyinggung dan menyakitkan juga menunjukkan pemikiran yang dangkal. Bayangkan academica itu dianggap partisan bahwa para GB (Guru Besar) bisa diokrestasi,” ungkap Harkristuti secara daring, Rabu (7/2).

Menurut dia, banyak yang tidak tahu forum diskusi guru besar itu termasuk akademisi, tak pernah sepi akan ekspresi pemikiran masing-masing yang sangat dinamis, baik itu di prodi bahkan sampai fakultas, dan itu baru di satu universitas.

“Bagaimana anda membayangkan, adanya satu master mind, satu aktor intelektual yang mampu memobilisasi sekian ratus guru besar di perguruan tinggi untuk menyuarakan satu keresahan dengan esensi dan menyampaikan pesan yang sama. Mungkin yang punya ide bahwa guru besar ini diorkestrasi tidak pernah diskusi dengan akademisi apalagi dengan guru besar,” ungkap Harkristuti.

“Ini sangat mengerikan ketika kita dianggap berpolitik,” sambungnya.

Harkristuti menegaskan turunnya para guru besar ini adalah bentuk kepedulian terhadap kondisi politik dan alam demokrasi Indonesia saat ini.

Guru Besar Fakultas Hukum UI Harkristuti Harkrisnowo menyayangkan pihak yang berpandangan turun gunungnya para profesor telah diorkestrasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News