Guru Madrasah Tuntut THR

Guru Madrasah Tuntut THR
Guru Madrasah Tuntut THR
PADEK---Meringankan beban menyambut lebaran Idul Fitri 1433 H mendatang, masyarakat Nagari Aripan, Kecamatan X Koto Singkarak tuntut Pemerintah Kabupaten Solok berikan Tunjangan Hari Raya (THR) untuk guru MDA/TPSA dan garin Masjid/Surau.  Kesejahteraan guru MDA/TPSA dan garin selama ini dianggap masih memprihatinkan, hidup dibawah garis standar.

Selain THR,  warga juga menuntut supaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok dapat memberikan honor buat kedua elemen masyarakat yang dianggap cukup berjasa ditengah-tengah masyarakat ini. Sebab pengabdiannya tidak hanya untuk mencerdaskan generasi penerus, tetapi juga untuk  kepentingan akherat. Sehingga perlu menjadi catatan serius oleh Pemerintah setempat, bahkan diperioritaskan dibanding program lainnya.

Keluhan ini terkuak sekaitan kunjungan Tim Ramadhan III Kabupaten Solok ke Masjid Nurul Huda, Nagari Aripan yang dipimpin Kapolres Solok Kota, AKBP Lutfi Martadian, didampingi Asisten Eksbang Kesra Setda Kabupaten Solok, Yunasman, Sekretaris Dewan, Hamdani Hasnam, Anggota DPRD Nazar Bakri, Camat X Koto Singkarak, serta rombongan lainnya, Sabtu (3/8). Dihadapan rombongan, jemaah mewakili masyarakta Aripan menuntut agar daerah mereka bisa mendapat perhatian lebih dari Pemkab Solok karena selama ini masih banyak kekurangan disana-sini, termasuk diantaranya bidang infrasruktur.

“Di daerah ini nilai-nilai agama cukup tinggi, semua Surau/Masjid aktif sebagai tempat ibadah dan kegiatan MDA/TPSA.  Cuma saja kami terkendala soal pemberian kesejahteraan guru dan garin, gaji yang mereka terima berasal dari sumbangan warga hanya berkisar dibawah Rp200 ribu perbulan. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan hidup, mereka terpaksa mencari usaha penambah gaji (umega) ke sawah, ke ladang,” tutur Mardan,45, yang juga tercatat  Wali Nagari Aripan.

PADEK---Meringankan beban menyambut lebaran Idul Fitri 1433 H mendatang, masyarakat Nagari Aripan, Kecamatan X Koto Singkarak tuntut Pemerintah Kabupaten

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News