Guru SLB dan SMK Bisa Mendaftar Program Guru Penggerak Angkatan 4

Guru SLB dan SMK Bisa Mendaftar Program Guru Penggerak Angkatan 4
Ilustrasi Program Guru Penggerak Kemendikbud. Foto: Antara/HO-Dok pri

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan sejak 22 Maret 2021 kembali membuka pendaftaran seleksi Calon Guru Penggerak, dan Pengajar Praktik (Pendamping) Program Guru Penggerak (PGP) Angkatan 4 di tahun 2021.

Pada angkatan keempat ini, tidak hanya dibuka untuk guru jenjang TK, SD, SMP, dan SMA.

Namun, seleksi calon Guru Penggerak juga dibuka untuk guru jenjang SLB dan SMK. 

Direktur Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK), Kemendikbud Praptono mengatakan bahwa untuk 2021, rekrutmen calon Guru Penggerak dibuka untuk 8.000 orang dan 1.679 orang untuk pengajar praktik. 

“Angkatan satu dan dua, Kemendikbud sudah merekrut 5.600 calon Guru Penggerak dan lebih dari 1.000 pengajar praktik. Pada Angkatan keempat ini menyasar daerah yang lebih luas lagi,” ujarnya di Jakarta, Kamis (1/4). 

Adapun sasaran Program Guru Penggerak (PGP) Angkatan 4 adalah sebanyak 160 kabupaten/kota dari 31 provinsi yang tersebar di pulau-pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Papua serta Maluku.

Program PGP Angkatan 4 akan dimulai 8 Oktober 2021-Agustus 2022.  

Selanjutnya, guru-guru yang lulus seleksi akan mengikuti pendidikan Guru Penggerak menggunakan pendekatan andragogi dan blended learning (daring dan luring) selama sembilan bulan.

Pada angkatan keempat ini, tidak hanya dibuka untuk guru jenjang TK, SD, SMP, dan SMA. Namun, seleksi calon Guru Penggerak juga dibuka untuk guru jenjang SLB dan SMK. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News