Gus Dur : Golput Tak Bisa Disalahkan

Gus Dur : Golput Tak Bisa Disalahkan
Gus Dur : Golput Tak Bisa Disalahkan
JAKARTA - Mantan Presiden RI Abdurrahman Wahid memiliki penilaian yang berbeda terhadap masyarakat yang termasuk dalam golongan putih (golput). Menurut kiai yang biasa disapa Gus Dur ini, mestinya keputusan golongan putih itu harus dilihat secara kritis sebagai cerminan ketidakcocokan masyarakat dengan pemerintah. ''Kita tidak bisa menyalahkan masyarakat yang termasuk dalam golongan putih (golput),'' kata Gus Dus dalam diskusi di kawasan Utan Kayu, Jakarta, Sabtu (13/12).

Tapi, dirinya juga tidak sependapat bila masyarakat memilih golongan putih karena menganggap bahwa pemilu itu tidak penting. Justru menurutnya, pemilu ini sangat penting bagi masyarakat untuk bisa berdemokrasi yang baik.

Hanya saja, dia tidak terlalu menghiraukan persoalan fatwa haram bagi golongan putih (golput) di pemilu nanti. Artinya, mau haram atau tidak tentang golongan putih itu, bukan menjadi urusannya. Wacana fatwa haram terhadap golput yang dicetuskan Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu memang mengundang kontroversi sejumlah kalangan.

Ketua DPR RI Agung Laksono sendiri pun tidak setuju masyarakat yang memutuskan untuk tidak ikut pemilihan itu dinyatakan haram. Karena, dalam undang-undang tidak melarang pemilihan itu.

JAKARTA - Mantan Presiden RI Abdurrahman Wahid memiliki penilaian yang berbeda terhadap masyarakat yang termasuk dalam golongan putih (golput). Menurut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News