Gus Menteri: PON Papua Harus Jadi Momentum Kebangkitan Desa

Gus Menteri: PON Papua Harus Jadi Momentum Kebangkitan Desa
Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar (kanan). Foto: Kemendes PDTT

jpnn.com, JAKARTA - Pelaksanaan PON Papua 2-5 Oktober mendatang harus menjadi momentum kebangkitan desa di bumi Cenderawasih. Desa-desa harus mendapatkan manfaat ekonomi dari perputaran ekonomi selama perhelatan ajang olahraga multievent terbesar di tanah air tersebut.

“Perhelatan PON Papua akan memberikan dampak besar bagi perputaran ekonomi wilayah tersebut. Banyaknya kunjungan ke Papua dari para atlet, official, maupun perangkat pertandingan akan meningkatkan arus perputaran uang di mana desa-desa di sana harus bisa merasakan dampaknya,” ujar Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar, Kamis (16/9/2021).

Dia menjelaskan dari hasil kunjungan kerja ke Papua awal pekan lalu diketahui jika persiapan PON sudah hampir paripurna. Menurutnya event bergengsi itu akan sukses dan mengharumkan bumi Cenderawasih.

“Kita melihat persiapannya sangat bagus, dan kita mendoakan mudah-mudahan ajang ini akan sukses dan dikenang sebagai salah satu event olah raga terbaik di Indonesia,” katanya.

Gus Menteri-sapaan akrab-Abdul Halim Iskandar mengatakan keberhasilan penyelenggaraan PON Papua akan memberikan dampak besar bagi wilayah paling timur Indonesia tersebut.

Dari sisi penyelenggaraan, kesuksesan akan menyejajarkan dengan daerah-daerah lain yang jadi langganan tuan rumah PON seperti DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Selatan, dan beberapa wilayah lain.

“Dari sisi pembangunan sumber daya manusia, keberhasilan penyelenggaraan PON Papua akan membuktikan jika kerukunan, keragaman, dan toleransi berkembang baik di Indonesia,” katanya.

Dia menilai bumi Papua menyimpan potensi luar biasa. Percepatan pembangunan termasuk wilayah perdesaan saat ini terus dilakukan. Keberadaan dana otonomi khusus ditunjang dana desa menjadi modal besar untuk mempercepat pembangunan.

Pelaksanaan PON Papua 2-5 Oktober mendatang harus menjadi momentum kebangkitan desa di bumi Cenderawasih.