Gus Muhaimin Berharap Pemilu 2024 Lebih Berkualitas, Jangan Ada Perpecahan

Gus Muhaimin Berharap Pemilu 2024 Lebih Berkualitas, Jangan Ada Perpecahan
Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar menghadiri agenda Fisipol Leadership Forum di Auditorium Fisipol Universitas Gadjah Mada (UGM), Rabu (28/9). Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar menyatakan pemilihan umum (pemilu) harus menjadi agenda bersama agar berkualitas. Penyelenggara pemilu, partai politik, dan masyarakat harus terus ikut mengawal dan berpartisipasi.

Muhaimin menyampaikan hal tersebut saat menghadiri Fisipol Leadership Forum, Bedah Buku Visioning Indonesia Seri 2 di Auditorium Fisipol Universitas Gadjah Mada (UGM), Rabu (28/9). 

Pria yang akrab disapa Gus Muhaimin itu menyatakan Fisipol Leadership Forum adalah sarana bagi seluruh elemen bangsa untuk berfikir, mengisi, dan mewarnai perjalanan bangsa.

“Kita harus mengisi Pemilu 2024 dengan politik yang lebih berkualitas, tidak mengulang politik lima tahun yang lalu di mana konflik kompetisi menjadi perpecahan yang sangat mengkhawatirkan,” kata Gus Muhaimin.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu bersyukur bangsa Indonesia punya modal yang luar biasa bernama demokrasi. 

Dia menilai demokrasi yang diterapkan di Indonesia mulai 1998 adalah hasil kerja keras bangsa untuk membangun sistem yang menjadikan bagian dari kesadaran baru untuk mengubah diri menjadi lebih baik dari era otoritarianisme menjadi era demokrasi.

“Demokrasi inilah modal utama yang dahsyat, yang harus kita jaga, demokrasi hari ini penuh tantangan yang tidak mudah. Demokrasi hari ini mengalami penguatan dan pendewasaan yang perlu terus kita pupuk sehingga benar-benar menjadi sistem yang bermanfaat sesuai dengan tujuan,” ucapnya.

Sementara itu, Rektor UGM Prof. dr. Ova Emilia juga mengapresiasi Fisipol Leadership Forum yang pada edisi kedua ini menghadirkan sosok politisi sekaligus alumni Fisipol UGM, Gus Muhaimin.

Wakil Ketua DPR RI Gus Muhaimin berharap Pemilu 2024 lebih berkualitas dan jangan ada perpecahan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News