H-3 Jelang Operasional Haji Berakhir, 13 Jemaah Masih Dirawat di RSAS

H-3 Jelang Operasional Haji Berakhir, 13 Jemaah Masih Dirawat di RSAS
Sebanyak 13 jemaah haji masih Indonesia masih dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) pada H-3 jelang berakhirnya operasional haji. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 13 jemaah haji masih Indonesia masih dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) pada H-3 jelang berakhirnya operasional haji.

Adapun sembilan di antaranya dirawat di RSAS Makkah, dua jemaah di Madinah, dan dua orang lainnya di Jeddah.

Sebagian besar dari jemaah tersebut mengalami penyakit jantung dan gangguan saluran pernapasan.

Kepala Pusat Kesehatan Haji Budi Sylvana mengatakan pihaknya akan terus memantau jemaah haji yang dirawat di RSAS hingga pascaoperasional haji.

“Sampai masa operasional haji selesai, setiap hari dilakukan visitasi oleh tim dokter KKHI baik di Makkah maupun di Madinah untuk memonitor kondisi jemaah yang dirawat di RSAS," kata Budi, Rabu (10/8).

Dia memastikan semua jemaah haji menjadi tanggung jawab pemerintah Indonesia sampai bisa pulang ke Indonesia.

Menurut Budi, jemaah haji yang dirawat di RSAS memiliki kasus berat dan membutuhkan penanganan kesehatan yang lebih intensif.

Sebagian jemaah juga membutuhkan alat bantu seperti ventilator sehingga kondisinya belum memungkinkan untuk dapat dipulangkan.

Sebanyak 13 jemaah haji masih Indonesia masih dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) pada H-3 jelang berakhirnya operasional haji.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News