H+4 Lebaran, Hutama Karya Catat Arus Balik Kendaraan yang Tinggalkan Sumatera Meningkat Sebegini

H+4 Lebaran, Hutama Karya Catat Arus Balik Kendaraan yang Tinggalkan Sumatera Meningkat Sebegini
Posko mudik Hutama Karya. Foto dok Hutama Karya

jpnn.com, SUMATERA UTARA - PT Hutama Karya mencatat 46.902 kendaraan yang meninggalkan Pulau Sumatera untuk kembali ke Pulau Jawa melalui Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) via Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan sejak 3-6 Mei 2022.

Adapun sejak arus balik (3-6 Mei 2022) Hutama Karya telah mencatat total keseluruhan Volume Lalu Lintas (VLL) Arus Balik di JTTS sebanyak 793.053 kendaraan, meningkat 62,38% dari VLL normal.

Adapun angka tersebut merupakan akumulasi dari ruas-ruas JTTS yang dikelola oleh Hutama Karya yaitu Ruas Bakauheni – Terbanggi Besar, Ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung, Ruas Palembang – Indralaya, Ruas Pekanbaru – Dumai, Ruas Medan – Binjai, Ruas Binjai – Langsa Seksi 1 (Binjai – Stabat), dan Ruas Sigli – Banda Aceh Seksi 2,3,4.

"Walau angka kendaraan yang melintas sudah meningkat, kami memprediksi masih akan terjadi peningkatan VLL puncak arus mudik pada Sabtu-Minggu (7-8 Mei)," ujar Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya Dwi Aryono Bayuaji.

Dwi juga kembali mengingatkan para pemudik yang akan melakukan perjalanan kembali ke pulau Jawa agar mempersiapkan perjalanan sebaik mungkin dan menghindari puncak arus balik.

“Sebaiknya lakukan perjalanan balik setelah 8 Mei dan sebelum jalan, cek kembali kebijakan-kebijakan yang akan diberlakukan selama diperjalanan sehingga aman dan nyaman," seru Dwi.

Hutama Karya juga telah menyiapkan beberapa rest area dari arah Palembang menuju Bakauheni di KM 20B, 33B, 49B, 87B, 116B, 172B dan 215B, yang bisa digunakan para pengguna jalan untuk beristirahat sambill menunggu arahan petugas untuk memasuki area pelabuhan dengan tertib.

Hutama Karya juga menyediakan penjualan tiket Ferry di rest area km 87, 49 dan 20 Jalur B dengan mengandeng PT ASDP Ferry Indonesia, guna mengantisipasi terjadinya penumpukan akibat pembelian tiket kapal.

Meski terjadi peningkatan kendaraan arus balik yang meninggalkan Sumatera, Hutama Karya memprediksi masih akan terjadi lonjakan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News