Habib Aboe PKS Ajak Semua Insan Pers untuk Selalu Menjaga Independensi

Habib Aboe PKS Ajak Semua Insan Pers untuk Selalu Menjaga Independensi
Anggota DPR dari Fraksi PKS Habib Aboe Bakar Al Habsy bersama Presiden Jokowi. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPP PKS Habib Aboe Bakar Al Habsy menyatakan bahwa peringatan Hari Pers Nasional sangat penting untuk mengingatkan pentingnya peran pers di negara demokrasi.

Ia menegaskan bahwa pers merupakan salah satu pilar demokrasi. "Saya sampaikan selamat Hari Pers Nasional, khususnya untuk para insan media. Peringatan ini mengingatkan kita betapa pentingnya peran pers dalam negara demokrasi," kata Habib Aboe, Jumat (7/2).

Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan itu mengatakan bahwa melalui pers yang bebas dan merdeka masyarakat akan mendapatkan akses informasi yang berkualitas dan dapat dipertanggungjawabkan. "Oleh karena itu, para insan pers harus mempertahankan kerja-kerja jurnalistik mereka agar dapat menyajikan informasi yang berkualitas," ungkapnya.

Ia mengingatkan semua harus menghindari penggunaan pers untuk agenda setting tertentu, seperti propaganda politik ataupun sebaliknya yakni menghambat akses pemberitaan terhadap seseorang atau sekelompok orang. "Jika hal ini terjadi, maka masa depan bangsa dan negara akan semakin suram," ujarnya.

Karena itu, Habib Aboe mengajak semua insan pers untuk menjaga independensi, untuk mewujudkan kerja pers yang bebas dan merdeka. "Sehingga bisa menyajikan informasi berkualitas kepada masyarakat, tanpa muatan agenda setting tersembunyi," ungkap anggota Komisi III DPR yang membidangi hukum, HAM, dan keamanan itu.

Seperti diketahui, peringatan HPN 2020 pada 9 Februari dipusatkan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Presiden RI Joko Widodo hadir di Banjarmasin menghadiri rangkaian peringatan HPN 2020, Jumat (7/2) sore.

BACA JUGA: Reaksi Ponijo Soal Kamsiah, Istrinya yang tidak Hamil Tiba-tiba Melahirkan Bayi Perempuan

Ketua DPP PKS Habib Aboe Bakar Al Habsy menyatakan bahwa peringatan Hari Pers Nasional sangat penting untuk mengingatkan pentingnya peran pers di negara demokrasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News