Habib Jindan Sebut Kebersihan Merupakan Aspek Utama dalam Beragama

Habib Jindan Sebut Kebersihan Merupakan Aspek Utama dalam Beragama
Ulama Habib Salim Jindan dalam diskusi diskusi virtual Imun Kuat Libur Panjang Aman di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta, Rabu (21/10). Foto: tangkapan layar

jpnn.com, JAKARTA - Habib Salim Jindan mengatakan kebersihan merupakan hal yang utama diajarkan dalam seluruh agama yang diakui oleh negara ini.

Oleh karena itu, hal tersebut masih relevan dengan upaya pencegahan Covid-19 melalui protokol kesehatan virus Corona.

"Seluruh agama yang diakui oleh pemerintah Indonesia pasti mengajarkan tentang kebersihan dan keimanan agar menjaga ibadah mereka semua tenang. Kalau ditanya tentang Islam, tentu mengajarkan tentang kebersihan," kata Jindan dalam diskusi diskusi virtual Imun Kuat Libur Panjang Aman di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta, Rabu (21/10).

Dalam Islam, kata Habib Jindan, semua umatnya diajarkan untuk orang tua untuk menjaga kebersihan. Seperti cuci kaki dan gosok gigi sebelum tidur, begitu juga saat bangunnya.

"Sampai agama mengajarkan bagaimana makan, beradaptasi di lingkungan pasti diutamakan lingkungan. Siapa pun orangnya, siapa pun pemeluk agamanya baik dia dari ulamanya, pendetanya, dari pastur, agama yang diizinkan negara ini pasti mengutamakan kebersihan," kata Jindan.

Dengan demikian, Jindan merasa heran apabila ada masyarakat Indonesia yang tidak menjaga kebersihan, khususnya menaati anjuran pemerintah terkait protokol kesehatan Covid-19.

Di samping itu, Jindan juga semakin heran adanya pihak-pihak yang menyebarkan hoaks agar masyarakat untuk tidak percaya Covid maupun dampaknya.

"Informasi yang diterima masyarakat ini kadang sudah dibumbui oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang menumpangi Covid ini, akhirnya bikin gaduh di NKRI yang kita cintai ini. Ini bahaya," kata dia.

Habib Salim Jindan mengatakan kebersihan merupakan hal yang utama diajarkan dalam seluruh agama yang diakui oleh negara ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News