Hadapi Dampak El Nino, Lestari Moerdijat Sampaikan Sejumlah Hal Penting Ini

Hadapi Dampak El Nino, Lestari Moerdijat Sampaikan Sejumlah Hal Penting Ini
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat saat membuka diskusi daring yang mengangkat tema 'Kesiapan Indonesia dalam Menghadapi Puncak Ancaman El Nino di 2023', Rabu (26/7). Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mendorong pihak terkait mengoptimalkan semua potensi menghadapi dampak cuaca ekstrem dengan mengupayakan langkah antisipatif dan adaptif.

Selain itu, hal penting lainnya yang harus dilakukan adalah menyediakan kebijakan yang dibutuhkan untuk menjamin ketahanan pangan, kesehatan dan ekonomi.

Hal penting tersebut disampaikan Lestari Moerdijat saat membuka diskusi daring yang mengangkat tema 'Kesiapan Indonesia dalam Menghadapi Puncak Ancaman El Nino di 2023', Rabu (26/7).

"Kita harus mengoptimalkan semua potensi yang dimiliki untuk bisa menjawab berbagai ancaman terkait dampak perubahan iklim dan kemarau panjang yang diperkirakan akan melanda Indonesia," kata Lestari Moerdijat dalam diskusi yang digelar Forum Diskusi Denpasar 12 tersebut.

Diskusi yang dimoderatori Anggiasari Puji Aryatie (Tenaga Ahli Wakil Ketua MPR) itu menghadirkan sejumlah narasumber, antara lain Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, Plt Sekretaris Utama BNPB Rustian, dan Direktur Cadangan Pangan Bapanas Rachmi Widiriani.

Selain itu, hadir pula Ketua Masyarakat Penanggulangan Bencana Indonesia (MPBI) Avianto sebagai penanggap.

Lebih lanjut Lestari Moerdijat menyampaikan, catatan World Meteorological Organization (WMO) pada Mei 2023 menyebutkan suhu global cenderung meningkat dan mencapai rekor baru dalam lima tahun
mendatang.

Hal itu dipicu oleh gas rumah kaca yang memerangkap panas dan secara alami menyebabkan terjadinya peristiwa El Nino.

Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat menyampaikan sejumlah hal penting dalam diskusi bertema 'Kesiapan Indonesia dalam Menghadapi Puncak Ancaman El Nino di 2023'

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News