Hadapi MEA, Pemerintah Dianggap Belum Standarisasi Tenaga Kerja

Hadapi MEA, Pemerintah Dianggap Belum Standarisasi Tenaga Kerja
dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Komite II DPD RI, Parlindungan Purba mengatakan, sudah ada tujuh jenis profesi yang disepakati standarisasinya untuk persiapan pemberlakuan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Salah satunya untuk tenaga keperawatan.

"Ada tujuh jenis profesi yang sudah distandarisasi untuk tingkat Asean, satu di antaranya tenaga keperawatan," kata Parlindungan Purba, di Gedung DPD, Komplek Parlemen, Senayan Jakarta, Selasa (3/2).

Yang menjadi masalah bagi Indonesia, lanjut Parlindungan, hingga saat ini pemerintah belum juga menyiapkan tenaga keperawatan yang mengacu kepada standarisasi Asean tersebut.

"Setahu saya, tidak ada upaya pemerintah menyiapkan tenaga keperawatan dengan standarisasi yang ditetapkan MEA," tambah Parlindungan.

Apalagi enam lainnya standarisasi ketenagakerjaan MEA. "Hingga kini juga tidak jadi perhatian pemerintah," tegas Parlindungan. (fas/jpnn)

 


JAKARTA - Ketua Komite II DPD RI, Parlindungan Purba mengatakan, sudah ada tujuh jenis profesi yang disepakati standarisasinya untuk persiapan pemberlakuan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News