Hadir di Malam Tirakat Resolusi Jihad, Eri Cahyadi Kenang Jasa Bung Karno dan Mbah Hasyim

Hadir di Malam Tirakat Resolusi Jihad, Eri Cahyadi Kenang Jasa Bung Karno dan Mbah Hasyim
Kepala Bappeko Surabaya Eri Cahyadi (tengah) menghadiri Malam Tirakatan Resolusi Jihad. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya Eri Cahyadi menghadiri Malam Tirakatan Resolusi Jihad, Haul Para Syuhada dan Pahlawan, Selasa (29/10) di Tugu Pahlawan Surabaya.

Kehadiran Eri mewakili Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang kebetulan berhalangan hadir. Dalam sambutan di acara yang juga dihadiri Gus Muwafiq dari Yogyakarta dan Gus Reza Lirboyo ini, Eri meminta kepada seluruh jemaah memberikan doa untuk Bu Risma, agar terus diberi kekuatan untuk menjadikan Surabaya lebih baik lagi.

Selanjutnya, Eri menyinggung peran santri dan Nahdlatul Ulama (NU) dalam kemerdekaan. Ini langsung disambut meriah oleh para santri yang hadir, di antaranya dari Majelis Attaufiq Madura sampai Majelis Syubbanul Muslimin Paiton.

"Bung Karno saat menentukan hari kemerdekaan, sempat bertanya kepada KH Hasyim Asyari. Kemudian akhirnya proklamasi kemerdekaan dikumandangkan pada Ramadan 1945," ujar Eri.

Sejarah menunjukkan, para penjajah tak lekas menyerah mengubrak-abrik kedaulatan bangsa. Menurut Eri, Resolusi Jihad-lah salah satu momentum penting dari para santri Jawa Timur yang berperan mengusir penjajah setelah kemerdekaan.

"Sampai saat ini, Surabaya jadi hebat karena didukung para kiai, para santri. Perjuangannya, semangatnya, dimulai dari Resolusi Jihad. Semoga Surabaya bisa terus maju, aman, makmur. Maka dari itu, Pemkot akan tetap tawaduk kepada para ulama," tambah Eri.

Dia menegaskan, Pemkot Surabaya akan terus menjadi bagian dari para santri, dan mendukung penuh acara-acara yang digelar NU dan santri. "Kami berharap semua santri ahlus sunnah wal jamaah, juga mendukung kemajuan Kota Surabaya," ujar Eri.

"Seperti semangat NU, yang tak henti selalu berujar: NKRI Harga Mati!" ujarnya lantas diikuti pekik puluhan ribu orang yang mendatangi Tugu Pahlawan sambil mengibarkan bendera merah putih dan bendera hijau NU. (*/adk/jpnn)

Eri menyebut, Bung Karno sempat bertanya kepada Mbah Hasyim terkait waktu dan tanggal kemerdekaan yang tepat.


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News