Hadiri Forum Humaniora Internasional, Gus Mis Sebut Indonesia Mulai Diminati Dunia

Hadiri Forum Humaniora Internasional, Gus Mis Sebut Indonesia Mulai Diminati Dunia
Duta Besar RI untuk Tunisia Zuhairi Misrawi saat menghadiri forum humaniora Internasional, Insaniyyat di Universitas Manouba, Tunisia, yang diselenggarakan pada 20-24 September 2022. Foto: Dokpri

jpnn.com, TUNIS - Duta Besar RI untuk Tunisia Zuhairi Misrawi mengatakan bahwa dunia sedang melirik Indonesia untuk menjadi objek kajian ilmiah.

Hal itu disampaikan pria yang akrab disapa Gus Mis itu saat menghadiri forum humaniora Internasional, Insaniyyat di Universitas Manouba, Tunisia, yang diselenggarakan pada 20-24 September 2022.

Pada kesempatan itu, Gus Mis menyampaikan ceramah pengantar tentang Indonesia kontemporer dalam sesi diskusi mini.

Hadir juga para peneliti asal Indonesian yang sedang menjalani studi program doktoral di Perancis, yaitu Andar Nubowo, Eka Ningtyas, Truly Gloria, dan Samia Katole.

"Saya bahagia dan senang, karena Indonesia menjadi salah satu topik di dalam forum dunia kajian humaniora, yang diikuti para peneliti dari 34 negara. Maknanya, kajian tentang Indonesia mulai menarik perhatian para peneliti di dunia internasional, tidak hanya di barat, melainkan juga di dunia Arab dan Afrika," kata dia dalam siaran pers yang diterima, Rabu (28/9).

Kader PDI Perjuangan itu juga melihat banyak akademisi yang ingin melakukan kajian di Indonesia.

"Saya mendengarkan langsung dari para guru besar di Tunisia bahwa kajian Indonesia dalam bidang antropologi menjadi rujukan kampus-kampus besar di Tunisia," ujarnya.

Dalam sesi diskusi tentang Indonesia, Andar Nubowo menyampaikan materi tentang Muslim Moderat di tanah air.

Zuhairi Misrawi melihat banyak akademisi di berbagai negara yang ingin melakukan kajian di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News