Hadiri Ruwatan Rajab di Lemahireng, Ganjar Lesehan Bersama Ribuan Warga Desa

Hadiri Ruwatan Rajab di Lemahireng, Ganjar Lesehan Bersama Ribuan Warga Desa
Capres bernomor urut 3 di Pilpres 2024 Ganjar Pranowo mengambil nasi dan lauk dari tampah berisi nasi berkat pada Ruwatan Rajab di Dsa Lemahireng, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, pada Jumat (26/1/2024) malam. Foto: Tim Media Ganjar Pranowo

jpnn.com, UNGARAN - Capres bernomor urut 3 di Pilpres 2024 Ganjar Pranowo menyantap nasi berkat bersama ribuan warga Desa Lemahireng di Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng), pada Jumat (26/1/2024) malam.

Ganjar berada di Lemahireng untuk menghadiri Ruwatan Rajab yang sudah mentradisi di desa tersebut.

Gubernur Jateng periode 2013-2018 dan 2018-2023 itu tiba di Lemahireng saat hari sudah larut, yakni sekitar pukul 21.30 WIB.

Namun, warga yang mengetahui rencana kedatangan Ganjar bergeming demi bisa beramah-tamah dan makan bareng capres yang dikenal grapyak itu.

Prosesi Ruwatan Rajab dimulai dengan kirab gunungan hasil bumi dan nasi, lengkap beserta sayur dan lauknya. Selanjutnya, warga memanjatkan doa bersama.

Ruwatan Rajab dipuncaki dengan makan bersama. Ganjar pun ikut menyantap makanan itu secara lesehan bersama ribuan warga.

Saat menyampaikan kata sambutan, Ganjar mengatakan banyak tradisi yang masih dilestarikan di berbagai daerah.  “Ini adalah bentuk cara masyarakat menjaga kerukunan,” katanya.

Capres dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hanura, dan Partai Perindo, itu menambahkan Ruwatan Rajab tidak hanya melambangkan kerukunan, tetapi juga wujud rasa syukur.

Ganjar Pranowo menyantap nasi berkat bersama ribuan warga pada Ruwatan Rajab di Desa Lemahireng di Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News