Haiti Segera Pilih Pemimpin Baru

Unggulkan Mantan Ibu Negara

Haiti Segera Pilih Pemimpin Baru
Haiti Segera Pilih Pemimpin Baru
PORT-AU-PRINCE - Pemilu Haiti tinggal sehari lagi. Kehkhawatiran akan munculnya kecurangan dalam pesta demokrasi tersebut merebak. Kemiskinan dan dampak wabah kolera yang telah menewaskan 1.600 orang disebut akan menjadi peluang politik uang.

"Saya rasa akan banyak terjadi kecurangan dimana-mana," jelas Philippe Agustin, kepala pendataan pemilih Haiti, kepada Agence France Presse. Jelang pemilu besok, Minggu (28/11) sejumlah kandidat semakin getol berkampanye untuk menarik hati pemilih.

Richard Dumel dari Badan Pengawas Pemilu menyatakan kekhawatiran terbesar adalah beredarnya surat suara palsu yang bisa digunakan untuk memenangkan salah satu kandidat. Namun dia menegaskan bahwa para penyelenggara pemilu mempunyai alat detektor surat suara salah.

Kandidat paling populer adalah Jude Celestin, calon dari partai berkuasa yang didukung oleh Rene Garvia Preval, presiden Haiti saat ini. Kandidat populer lainnya adalah Mirlande Manigat, 70, mantan ibu negara Haiti yang berada di posisi teratas hampir semua survei politik. Jika menang, dia bakal menjadi presiden perempuan pertama di Haiti.

PORT-AU-PRINCE - Pemilu Haiti tinggal sehari lagi. Kehkhawatiran akan munculnya kecurangan dalam pesta demokrasi tersebut merebak. Kemiskinan dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News