Hakim Pembuat Grup Facebook Tak Dikenai Sanksi

Malah Disarankan Ajukan Uji Materi UU MA

Hakim Pembuat Grup Facebook Tak Dikenai Sanksi
Hakim Pembuat Grup Facebook Tak Dikenai Sanksi
JAKARTA - Ketua muda bidang pengawas Mahkamah Agung (MA), Hatta Ali menepis anggapan bahwa MA melakukan pemeriksaan terhadap hakim Andy Nurvita dari Pengadilan Negeri (PN) Salatiga dan Teguh Satya dari PTUN Semarang. Hatta menegaskan, MA justru mengajak dialog dua hakim yang menggagas grup Hakim Gugat Presiden dan DPR di Facebook itu.

"Kita tidak melakukan pemeriksaan tapi hanya wawancara sekaligus berdialog, tentang apa aspirasi mereka," kata Hatta saat jumpa pers di gedung MA, Kamis (21/4). Menurut Hatta, wawancara yang menghabiskan waktu selama lima jam itu untuk mengetahui motivasi yang mendorong Andy dan Teguh membuat grup di Facebook.

Menurut Hatta, dari hasil wawancara diketahui bahwa kedua hakim itu mengeluhkan minimnya perhatian kepada para hakim. Di antaranya belum terpenuhinya remunerasi bagi para hakim.

Hatta mengakui, sejak tahun 2007 tunjangan yang diterima hakim baru mencapai 70 persen. "Itulah yang diminta para hakim. Apakah tidak ada perhatian dari pemerintah dan institusi terkait selama empat tahun ini (terhadap) yang dinanti-nantikan para hakim?" tutur Hatta menceritakan pengakuan Andy dan Teguh.

JAKARTA - Ketua muda bidang pengawas Mahkamah Agung (MA), Hatta Ali menepis anggapan bahwa MA melakukan pemeriksaan terhadap hakim Andy Nurvita dari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News