Halo Bulan di Padang

Halo Bulan di Padang
Halo Bulan di Padang
PADANG--Halo bulan menyapa Kota Padang, tadi malam. Fenomena bulan cerah yang dikelilingi cincin, akibat pembiasan cahaya oleh uap air di atmosfer itu, disaksikan masyarakat yang beramai-ramai ke luar rumah. Fenomena itu terjadi jelang gerhana bulan total 16 Juni, dini hari nanti dan bisa diamati di seluruh Indonesia.

Badan Meteorologi, Kelimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam rilisnya menyebutkan, gerhana bulan total juga dapat dilihat dari wilayah Australia, Asia, Eropa, Afrika dan Amerika Selatan.

Diperkirakan mulai terjadi dari pukul 00.24 WIB hingga pukul 06.00 WIB. Jarak bulan dan bumi saat terjadi gerhana terlama dalam satu dasawarsa terakhir itu, adalah 384.400 kilometer.

Fenomena langka itu langsung menjadi tontonan masyarakat Padang. Velik, warga Lubukbuaya ini mengatakan, halo bulan ini pertanda sedang musim banyak ikan. “Lihatlah ke pantai, pasti banyak kepiting sekarang,” ujarnya.

PADANG--Halo bulan menyapa Kota Padang, tadi malam. Fenomena bulan cerah yang dikelilingi cincin, akibat pembiasan cahaya oleh uap air di atmosfer

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News