Hama Tikus Serang Sawah Petani

Hama Tikus Serang Sawah Petani
Hama Tikus Serang Sawah Petani
BUMIAYU - Sejumlah petani padi di Desa Buniwah, Kecamatan Sirampog mengeluh setelah tanaman padi mereka diserang hama tikus. Mughni (51), salah seorang petani di desa tersebut mengaku menderita kerugian cukup besar akibat padi yang ada di blok Sembun Gregel miliknya rusak akibat hama tikus. Tanaman padi yang dimilikinya mengalai penurunan produksi hingga 40 persen.

"Akibat serangan tikus ini, kami tidak dapat menutup biaya tanam. Saat ini hanya menghasilkan 4,5 ton gabah, padahal dalam kondsi normal bisa mencapai 60 ton gabah," ungkapnya, Sabtu (6/4).

Kondisi ini jelas sangat merepotkan para petani. Selain itu padi yang terserang saat ini memasuki masa panen. Dikatakan Mughni, serangan hama tikus mulai menyerang semenjak masa tanam lalu. "Itu sudah bisa di pastikan, jika sering turun hujan pada malam hari pasti tikus datang," ujarnya.

Menurut dia, serangan hama tikus di wilayah pertaniannya merupakan kondisi yang sering terjadi berulang kali setiap tahunnya. Namun demikian, dirinya mengaku tidak kapok dan tetap akan kembali mengolah lahan pertaniannya untuk ditanami kembali.

BUMIAYU - Sejumlah petani padi di Desa Buniwah, Kecamatan Sirampog mengeluh setelah tanaman padi mereka diserang hama tikus. Mughni (51), salah seorang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News