Hama Wereng Rusak Padi di Empat Lawang

Hama Wereng Rusak Padi di Empat Lawang
Hama Wereng Rusak Padi di Empat Lawang
EMPAT LAWANG– Hama wereng menyerang areal persawahan di Pasemah Air Keruh, Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan. Akibatnya  hasil produksi padi petani tak maksimal. Bahkan, di beberapa areal persawahan, tanaman rusak sebelum masa panen. "Kami sudah meminta bantuan tenaga penyuluh dan obat-obatan," ujar Camat Pasemah Air Keruh, Suryadi.

   

Bupati Empat Lawang H Budi Antoni Aljufri (HBA) SE MM mengatakan, pihaknya dalam waktu dekat bakal menambah tenaga penyuluh di Pasemah Air Keruh. "Secepatnya kita akan menambah tenaga penyuluh,” ujar HBA.

Sebenarnya, lanjut HBA, masalah pertanian di Empat Lawang sudah dikaji lebih mendalam, bukan hanya hama wereng penyakit hitam batang yang menyebabkan hasil kurang maksimal juga sudah diketahui.

"Yakni kurangnya pengelolaan yang baik terhadap tanah. Dalam pengelolaan tanah dilakukan secara tradisional, selain itu petani memaksakan menanam padi tiga kali dalam setahun. Harusnya, sebelum masa tanam dilakukan tanam sela dengan jenis tanaman berbeda seperti kedelai kacang-kacangan dan lainnya. Tak hanya itu, masalah pemupukan dan lainnya juga harus diperhatikan," jelasnya.

EMPAT LAWANG– Hama wereng menyerang areal persawahan di Pasemah Air Keruh, Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan. Akibatnya  hasil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News