Hantu Laut Beraksi Saat HUT Kabupaten Cilacap

Hantu Laut Beraksi Saat HUT Kabupaten Cilacap
Tim Dayung Hantu Laut, Binaan Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Cilacap, Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) V, Kolonel Laut (S) Johannes Tambunan meraih juara Kedua dalam Lomba Dayung Perahu Naga (Dragon Boat) dalam rangka HUT ke-160 Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. FOTO: Dok.Lantamal V for JPNN.com

jpnn.com - CILACAP – Tim Dayung Hantu Laut, Binaan Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Cilacap, Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) V, Kolonel Laut (S) Johannes Tambunan meraih juara Kedua dalam Lomba Dayung Perahu Naga (Dragon Boat).

Sebanyak 17 tim dayung yang berasal dari Kabupaten Cilacap ambil bagian dalam Lomba Perahu Naga Tradisional Cilacap HUT Kabupaten Cilacap tersebut. Event yang bertajuk Dragon Boat Race Open Tournamen 2016 digelar dalam rangka hari jadi Kabupaten Cilacap yang ke-160.

Dalam sambutan tertulis Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji diwakili Sekda Cilacap, Sutarjo mengatakan perlombaan perahu naga yang digelar selama dua hari, 26-27 Maret 2016 merupakan kegiatan rutin tahunan. Peserta lomba ini berasal dari lokal maupun luar kota Cilacap.

Peserta lomba dibagi dalam tiga kelas yaitu klas exebisi, kelas lokal dan kelas nasional. Setiap  tim perahu naga tradisional terdiri dari 12 orang dengan rincian 10 orang mendayung, 1 orang penabuh drum dan 1 orang nahkoda. Dalam babak penyisihan perlombaan perahu naga kelas lokal dengan jarak tempuh 300 meter.

Dari 17 tim yang mengikuti babak penyisihan, terdapat delapan tim yang mewakili Cilacap untuk bertanding dalam kelas Nasional melawan tim dari luar Cilacap. Pada pertandingan inti yang digelar pada 27 Maret 2016 itu, memperebutkan hadiah tropi dan uang pembinaan masing-masing untuk juara satu Teropi dan uang Rp 4 juta,  juara 2  Tropi dan uang Rp 3 juta, juara 3 Teropi dan uang Rp 2 juta dan untuk juara 4  Teropi dan uang Rp 1 juta.

Tampil sebagai juara untuk kategori lomba tingkat Lokal Kabupaten Cilacap, juara I Tim Arjuna Cilacap, Juara II Tim Hantu Laut Lanal Cilacap dan Juara III tim Podsi Kabupaten Cilacap.

Sedangkan untuk kategori nasional tim Koarmabar menjadi yang terbaik, disusul tim Kolinlamil Jakarta dan juara tiga ditempati tim Gajah Mada Jakarta. Untuk juara harapan satu tim Hantu laut Lanal Cilacap berhak membawa pulang hadiah dan tropi.

Menurut siaran pers Dinas Penerangan Lantamal V, Lanal Cilacap bersama instansi maritim, HNSI Cilacap dan Satuan Polisi Perairan Polres Cilacap menerjunkan kapal patroli serta beberapa perahu karet untuk melakukan pengawasan dan pengamanan wilayah perairan Teluk Penyu selama kegiatan berlangsung. Mereka memberikan dukungan akomodasi dan transportasi serta pengamanan laut pada Open Tournamen Dayung Perahu Naga (Dragon Boat).(fri/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News