Harapan dan Ajakan PDI Perjuangan di Hari Lahir Pancasila

Harapan dan Ajakan PDI Perjuangan di Hari Lahir Pancasila
Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengajak seluruh kalangan untuk membumikan Pancasila sebagai jati diri sekaligus perekat bagi bangsa Indonesia yang majemuk. Menurut Hasto, setiap manusia Indonesia harus menjadi Pancasilais yang bangga dengan jati diri bangsa sendiri.

“Jadilah Pancasilais sejati yang menjunjung tinggi jati diri bangsa, bukannya menjunjung tinggi jati diri bangsa lain,” ujar Hasto dalam siaran pers ke media dalam rangka peringatan Hari Lahir Pancasila, Jumat (1/6).

Hasto mengatakan, peringatan Hari Lahirnya Pancasila setiap 1 Juni menggambarkan kesatuan tekad, semangat dan satu dasar tentang Indonesia Raya yang berdiri kokoh di atas prinsip ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, musyawarah dan keadilan sosial. Lima prinsip itu menyatu menjadi gotong royong.

“Peringatan Hari Lahir Pancasila ini semakin memperkuat kesadaran berbangsa bahwa Pancasila tidak hanya menjadi dasar dan tujuan berbangsa dan bernegara, namun menjadi the way of life dalam seluruh kehidupan kita bersama,” tuturnya.

Politikus asal Yogyakarta itu menambahkan, memperingati Hari Lahir Pancasila harus disertai narasi tentang rasa cinta kepada tanah air dan kebanggan terhadap jati diri bangsa sendiri. Karena itu, katanya, PDI Perjuangan terus mendorong upaya untuk mengibarkan semangat patriotisme ini.

“Tidak ada bangsa besar tanpa api perjuangan yang menyala-nyala untuk bangsa dan negaranya sendiri. Kuncinya kuasai ilmu pengetahuan dan teknologi, kembangkan riset dan terus berjuang menjadi bangsa berdikari dengan topangan kebudayaan kita sendiri. Semangat berdikari hanya bisa terjadi apabila kita mencintai tanah air dengan sepenuh hati,” ujar anah buah Megawati Soekarnoputri di PDIP itu.

Hasto pun menyampaikan ucapan selamat dari PDIP atas peringatan Hari Lahir Pancasila. ”Kita pahami seluruh jiwa dan semangatnya dengan memelajari Pidato Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945,” pungkasnya.(boy/ara/jpnn)


Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyatakan, setiap manusia Indonesia harus menjadi Pancasilais yang bangga dengan jati diri bangsa sendiri.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News