Harga Bensin Eceran Tak Terkawal

Harga Bensin Eceran Tak Terkawal
Harga Bensin Eceran Tak Terkawal
MARTAPURA--Dampak rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) mulai dirasakan di Kabupaten OKU Timur (OUT). Dimana harga eceran premium atau bensin melonjak hingga tembus Rp 9 ribu perliter di sejumlah wilayah khususnya di Kecamatan Belitang dan sekitarnya.

Kenaikan harga bensin di tingkat eceran ini, membuat pengendara lebih memilih untuk membeli bensin di SPBU. Kondisi ini berakibat di sejumlah SPBU terjadi antrian panjang kendaraan. Ironisnya keterbatasan yang terjadi di tingkat SPBU malah berbalik dengan kondisi di lapangan.

Di mana hampir di sejumlah ruas jalan dalam Kota Martapura dan Belitang tumbuh kios minyak eceran dadakan. Mereka menjual bensin dengan harga lebih mahal, antara Rp 7 ribu sampai Rp 9 ribu perliter atau meningkat seratus persen dari HET yang ditetapkan pemerintah Rp 4.500 perliternya. Meski sebutannya perliter, namun bensin yang dijual rata-rata tidak sampai satu liter.

Di satu sisi, keberadaan penjual bensin eceran ini membantu pengguna jalan yang membutuhkan bahan bakar atau bensin secara mendadak. Namun di sisi lain, munculnya mereka dengan stok yang cukup, menimbulkan pertanyaan. Mengingat adanya peraturan di sejumlah SPBU yang mulai membatasi pembelian BBM utamanya bensin.

MARTAPURA--Dampak rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) mulai dirasakan di Kabupaten OKU Timur (OUT). Dimana harga eceran premium atau

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News