Harga Bensin Masih Bisa Turun Lagi

Pemerintah Siap Evaluasi Tiap Bulan

Harga Bensin Masih Bisa Turun Lagi
Foto : Evan Zumarli/Sumatera Ekspres/JPNN
JAKARTA - Penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) dipastikan masih bisa berlanjut. Saat ini, pemerintah terus mencermati fluktuasi harga minyak dunia. Harga tersebut akan dipadukan dengan berbagai instrumen lain untuk kembali mengevaluasi harga BBM sebulan ke depan.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Purnomo Yusgiantoro menyatakan, harga premium bersubsidi (bensin) masih bisa diturunkan lagi dari harga saat ini Rp 5.000 per liter. ''Masih ada kemungkinan premium turun lagi dengan mencermati harga minyak mentah, kurs, APBN, serta daya beli masyarakat,'' ujarnya sebelum raker dengan Komisi VII DPR, Senin (15/12).

Menurut dia, pemerintah tetap menggunakan lima instrumen untuk mengevaluasi harga BBM bersubsidi. Yakni, harga minyak mentah dan produknya, kurs rupiah terhadap dolar AS, kemampuan APBN, daya beli masyarakat, serta sektor riil. ''Lima faktor itulah yang menjadi dasar penentuan harga,'' katanya.

Ditanya alasan menurunkan harga secara mendadak, Purnomo menyatakan salah satu faktor utamanya adalah anomali harga bensin yang justru lebih rendah dibanding minyak mentah. ''Saat ini, harga premium memang tidak mengikuti hukum pasar. Artinya, terjadi anomali,'' jelasnya.

JAKARTA - Penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) dipastikan masih bisa berlanjut. Saat ini, pemerintah terus mencermati fluktuasi harga minyak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News