Harga Cabai Rawit Merah Tembus Rp 80 Ribu Per Kilogram

Harga Cabai Rawit Merah Tembus Rp 80 Ribu Per Kilogram
Ilustrasi. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com - JPNN.com - Cabai rawit merah menjadi primadona pada akhir tahun ini. Harganya tiba-tiba menjulang. Perkilogramnya mencapai Rp 80 ribu. Padahal sebelum libur Natal lalu, harga masih berkisar Rp 50 ribu per kilogram.

Menurut sejumlah pedagang kenaikan harga terjadi sejak libur Natal lalu dan terus naik. Hanya hitungan hari, harga cabai sudah naik hingga Rp 30 ribu per kilogram.

"Harga cabai rawit merah sekarang berada pada harga Rp 80 ribu per kilogram," ujar Kepala Seksi Distribusi dan Informasi Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi (Dinperindagkop) Kabupaten Banyumas, Imam Munsyarif.

Imam menuturkan, kenaikan harga ini dipengaruhi dari menurunnya pasokan barang dari Jawa TImur. Sedangkan pasokan dari Jawa Tengah dan Tegal sudah tidak tersisa. "Waktu pasokan barangnya ada, harga cabai rawit merah tidak sampai melonjak tinggi," tuturnya seperti diberitakan Radar Banyumas (Jawa Pos Group) hari ini.

Dari kenaikan harga cabai rawit merah ini, juga berpengaruh pada jenis cabai lain. Seperti cabai rawit hijau yang semula Rp 30 ribu menjadi Rp 60 ribu per kilogram.

Sedangkan untuk cabai merah keriting harga dari Rp 28 ribu menjadi Rp 36 ribu per kilogram. Sementara cabai merah besar dengan harga semula Rp 28 ribu menjadi Rp 40 ribu per kilogram.

Salah satu Pedagang Sayur di Pasar Manis Purwokerto, Maya Winarni mengatakan, kenaikan harga cabai juga dipengaruhi dari faktor cuaca yang terjadi sekarang. Cuaca yang tidak menentu, mengakibatkan pasokan barang menjadi sulit. "Tidak hanya harga cabai merah yang naik, harga sayuran lain juga lagi tinggi," katanya.

Karena kenaikan harga ini, Maya mengaku tidak berani menyetok banyak. Dengan harga yang tinggi, dikhawatirkan justru barang menjadi tidak laku dan sulit untuk menjual barang. (ely/acd)

JPNN.com - Cabai rawit merah menjadi primadona pada akhir tahun ini. Harganya tiba-tiba menjulang. Perkilogramnya mencapai Rp 80 ribu.


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News