Harga Mobil Listrik di Jawa Timur Dipastikan Lebih Murah

Harga Mobil Listrik di Jawa Timur Dipastikan Lebih Murah
Kendaraan Listrik Nissan Leaf. Ilustrasi. Foto: Dedi Sofian/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah melakukan berbagai cara untuk mendorong kehadiran kendaraan listrik. Salah satunya ialah memberikan insentif, bebas ganjil-genap, bebas parkir dan satu lagi akan diterapkan bebas BBN (Bea Balik Nama).

Menurut Menteri Perindustrian Airlangga Hartato, salah satu daerah yang memiliki wacana untuk membaebskan biaya BBN ialah Jawa Timur.

"Kemarin saya sudah bicara dengan Pemerintah Jawa Timur, jadi komponen untuk untuk kendaraan kan pajaknya ada yang di pusat dan daerah. Yang di daerah Bea Balik Nama. Nah Bu Khofifah dan Mas Emil Dardak setuju, sedang dikaji hukumnya untuk BBN-nya di Jawa Timur di-nol-kan, sehingga orang beli mobil listrik motor listrik di Jawa Timur kasih insentif lagi oleh Pemda," kata Airlangga saat ditemui di Monas, Jakarta.

BACA JUGA: Kementerian ESDM Akan Mengatur Tarif Pengisian Mobil Listrik Bisa Lebih Murah

Ketika rencana ini bisa dilakukan, lanjut Airlangga, maka masyarakat pun berminat untuk membeli mobil listrik, kemungkinan bisa berjalan dengan banyak.

“Apalagi kemarin kita coba prototipe di Bandung di mana model baterai swap, sehingga baterai bisa beli di minimarket. Bisnis model ini kita dorong di Bali, setelah itu di DKI," katanya.

Memang pemerintah saat ini terus mendorong kepada semua stakeholder maupun pemain di industri otomotif untuk segera mungkin menghadirkan kendaraan listrik di Indonesia. Hal ini mereka lakukan untuk menekan polusi udara agar lebih baik.

Apalagi polusi udara di Jakarta, kata Airlangga, sudah sangat buruk. Bahkan, dia menyebut, tingkat polusi udara di Jakarta sudah menyentuh diangka 70 persen.(mg9/jpnn)


Pemerintah melakukan berbagai cara untuk mendorong kehadiran kendaraan listrik. Salah satunya ialah memberikan insentif, bebas ganjil-genap, bebas parkir dan satu lagi akan diterapkan bebas BBN (Bea Baklik Nama).


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News