Harga Murah, Pengepul Kulit Senang

Harga Murah, Pengepul Kulit Senang
Pengepul sedang mengumpulkan kulit yang akan dijadikan kerajinan. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Hari Raya Kurban menjadi berkah tersendiri bagi pengepul kulit kambing. Mereka bisa membeli kulit hewan kurban dengan harga lebih murah daripada biasanya. Misalnya yang terlihat di Jalan Pegirian kemarin (22/8). 

Salah satunya Makmur. Pria asal Madura itu sudah sebelas tahun menjadi pengepul kulit hewan kurban, terutama kambing, di Jalan Pegirian. Biasanya dia membeli kulit-kulit dari panitia kurban yang menjual kulit hewan kurban. "Hari ini (kemarin, Red) saya beli seharga Rp 10 ribu sampai Rp 20 ribu," katanya. 

Pada hari biasa, untuk membeli kulit kambing yang telah dipotong, pria 40 tahun tersebut harus membayar Rp 30-40 ribu. Selain itu, harga kulit kambing lebih murah ketimbang tahun lalu. Tahun lalu satu kulit kambing berukuran besar seharga Rp 35 ribu. "Besarnya dikira-kira saja," imbuh Makmur. 

Rencananya, kulit-kulit yang dia kumpulkan tersebut disetorkan ke sebuah perajin kulit di Pasuruan. Untuk membuat tas, sepatu, maupun beduk. 

Makmur mengakui, keuntungan lebih besar didapatkan pada saat Hari Raya Kurban ketimbang hari biasa. Namun, dia tidak menjelaskan secara terperinci berapa keuntungan yang diperoleh. Hanya, untuk Hari Kurban seperti kemarin, dia bisa mengumpulkan 200 kulit kambing. Pada hari biasa, mengumpulkan 30 kulit kambing saja sulit.

Sementara itu, bakesbanglinmas menghalau warga yang turun ke sungai untuk mencuci jeroan hewan kurban di kawasan Kalimas kemarin. (yon/c9/eko)

 


Pada hari biasa, untuk membeli kulit kambing yang telah dipotong, pria 40 tahun tersebut harus membayar Rp 30-40 ribu


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News