Hari Ini Cek Kelayakan Angkutan Mudik

Hari Ini Cek Kelayakan Angkutan Mudik
Hari Ini Cek Kelayakan Angkutan Mudik

CIREBON –
Sebanyak 194 armada bus dan 68 bus cadangan disiapkan untuk mengangkut penumpang arus mudik dan balik tahun ini. Data tersebut dirilis UPTD Terminal Harjamukti Cirebon, sebelum dilakukannya pengecekan kondisi kendaraan dan uji kelayakan. "Rencanannya hari ini Jumat (3/9) akan dilakukan uji kelayakan dan pengecekan surat-surat armada bus untuk mudik. Kalau tidak layak, tidak akan kita izinkan jalan," ujar Kepala UPTD Terminal Harjamukti, Hendi Sutendi.

Menurut dia, untuk pelaksanaan uji kelayakan, UPTD Pengujian akan mengirimkan timnya ke Terminal Harjamukti. Selanjutnya proses pengujian pun dilakukan di lingkungan terminal. Untuk armada yang dinyatakan layak jalan, pada H-3 dan H-4 akan dilakukan penempelan stiker bertuliskan angkutan mudik.

Selain melakukan pengecekan pada kondisi armada, Hendi mengaku, pihaknya bersama Jasa Raharja sudah menyiapkan serangkaian tes untuk pengemudi yang akan bertugas saat mudik. Rangkaian tes itu termasuk di dalamnya tes urin, alkohol dan tes kesehatan. Bukan itu saja, untuk penumpang khususnya yang melakukan perjalanan jauh juga akan dilakukan tes kesehatan.

Tujuannya semata-mata untuk menghindari risiko yang lebih besar bila penumpang tersebut ternyata mengalami penurunan kesehatan dalam perjalanan. "Kita akan sediakan tempat istirahat untuk penumpang yang kelelahan. Kita juga sediakan posko kesehatan di bagian depan terminal," paparnya.

CIREBON – Sebanyak 194 armada bus dan 68 bus cadangan disiapkan untuk mengangkut penumpang arus mudik dan balik tahun ini. Data tersebut dirilis

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News