Hari Lahir Pancasila, Ganjar: Kita sedang Membuktikan Kemampuan Bangsa

Hari Lahir Pancasila, Ganjar: Kita sedang Membuktikan Kemampuan Bangsa
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di upacara virtual peringatan Hari Pancasila. Foto: Instagram

jpnn.com, SEMARANG - Hari Lahir Pancasila yang diperingati Setiap 1 Juni diharapkan menjadi batu loncatan agar bangsa Indonesia bangkit dan melakukan lompatan tinggi dalam penanganan pandemi COVID-19.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo usai mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang diselenggarakan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Senin (1/6).

Karena masih dalam situasi pandemi, upacara yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo pun digelar secara virtual.

"Dari sisi perayaan tentu sangat sederhana dan cepat. Penuh nuansa yang berbeda karena kita sedang mengalami Pandemi COVID-19 ini," kata Ganjar.

Namun, menurut Ganjar, pelaksanaan upacara yang diikuti oleh seluruh kepala lembaga negara, menteri dan gubernur serta bupati/wali kota seluruh Indonesia justru jadi pemantik semangat yang lebih besar untuk melawan Corona.

"Ada semangat yang kita bangun dan ini persis semangat Pancasila, di mana kita diminta untuk, ya hari ini saatnya kita membuktikan nilai-nilai Pancasila itu ada," kata Ganjar.

Dalam konteks penanganan Pandemi COVID-19, Ganjar Pranowo mengatakan Pancasila sejak awal dikumandangkan oleh Presiden Pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno, telah memiliki ajaran inti, yaitu gotong royong.

"Nah hari ini sebenarnya kita sedang membuktikan kemampuan bangsa untuk bisa gotong royong dan bangkit dari situasi Pandemi COVID-19 ini untuk melompat lebih tinggi lagi," katanya.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila bersama Presiden Jokowi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News