Hari Pertama, 7.454 Calhaj Diberangkatkan

Hari Pertama, 7.454 Calhaj Diberangkatkan
Hari Pertama, 7.454 Calhaj Diberangkatkan
JAKARTA - Pemberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH) Indonesia musim haji 1429 Hijriyah ke tanah suci untuk pertama kalinya akan dilakukan pada Rabu (5/11). Dari seluruh embarkasi di Tanah Air, hari pertama itu akan diterbangkan sebanyak 7.454 jemaah.

Menteri Agama Maftuh Basyuni rencananya akan mewakili Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melepas jemaah dari embarkasi Jakarta di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng. Hanya saja, simbol pelepasan itu tidak akan dilakukan pada kloter (kelompok terbang) pertama, melainkan kloter kedua hari itu juga.

"Soalnya Pak Menteri 'kan sudah tua, kalau kloter pertama terbangnya jam 04.30 Wib pagi. Pak Menteri yang habis dari tugas luar daerah 'kan kasihan kalau tak ada waktu istirahat sedikit. Tapi pelepasan secara simbolis tetap akan dilakukan pagi hari itu juga," kata Direktur BPIH dan SIH (Sistem Informasi Haji) Departemen Agama Abdul Ghofur Djawahir.

Pada 5 Nopember itu, kata Ghofur, akan terbang menggunakan pesawat Garuda Indonesia armada Airbus, antara lain sebanyak 2x405 jemaah dari embarkasi Solo dan Balikpapan. Lalu, menggunakan armada Boeng 747 sebanyak 4x450 jemaah, yaitu dari Jakarta, Surabaya, Batam, dan Medan. Selain itu, menggunakan pesawat Garuda Indonesia Boeng 767 seri 300 sebanyak 4x325 jemaah dari Makasar, Banjarmasin, dan Palembang.

JAKARTA - Pemberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH) Indonesia musim haji 1429 Hijriyah ke tanah suci untuk pertama kalinya akan dilakukan pada Rabu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News