Hari Pertama Sekolah, Mendikbud Pilih Kunjungi Papua

Hari Pertama Sekolah, Mendikbud Pilih Kunjungi Papua
Mendikbud Muhadjir Effendi memantau hari pertama sekolah di Abepura, Papua. Foto: Humas Kemendikbud

jpnn.com, ABEPURA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy memantau hari pertama sekolah (HPS) di Papua. Dia mengaku bangga sekolah di Papua tidak kalah dengan daerah lain.

"Saya berkunjung ke SD yang sangat bagus, tidak kalah dengan SD di tempat lain, khususnya Jawa. Saya minta Pemprov Papua bisa mengimbaskan sekolah yang bagus ini ke sekolah-sekolah lainnya di Papua yang kondisinya masih kurang," ujar Menteri Muhadjir saat mengunjungi Sekolah Dasar (SD) Negeri Kotaraja, Abepura, Papua, Senin (16/7).

Muhadjir memberikan motivasi kepada para siswa terus belajar dan memberikan kemajuan untuk Papua. Ia berpesan agar sekolah menyambut siswa dengan suasana yang menggembirakan.

Pengenalan terhadap fasilitas dan peraturan sekolah, menurut Muhadjir, perlu disampaikan dengan baik dan penuh keramahan. Para guru memperkenalkan diri juga dengan penuh keterbukaan. Kemudian mendengarkan harapan dari siswa.

Disampaikan mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang ini, pendidik perlu memahami bahwa setiap siswa memiliki kesempatan yang sama untuk berkembang sesuai minat dan bakat masing-masing.

Dengan sistem zonasi yang sudah mulai diterapkan, Muhadjir berharap hal tersebut bisa merekatkan, menyinergikan antara tripusat pendidikan, yaitu sekolah, masyarakat, dan keluarga. Sehingga perlu disadari tanggung jawab pendidikan tidak hanya di satu pihak, melainkan tanggung jawab bersama.

"Diharapkan jika ada hal-hal negatif yang menimpa siswa kita, bisa diatasi dengan kerja sama antara tiga pihak itu," ucapnya. (esy/jpnn)


Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy memantau hari pertama sekolah (HPS) di Papua


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News