Haruskah Buang Air Besar Setiap Hari?

Haruskah Buang Air Besar Setiap Hari?
Toilet. Foto: Pixabay

jpnn.com - Apakah Anda buang air besar setiap hari? Sebagian orang menganggap bahwa frekuensi BAB yang ideal adalah setiap hari. Jika kurang dari itu, artinya Anda kurang makan serat atau malah tidak sehat. Sebenarnya, perlukah orang BAB setiap hari?

BAB tentunya sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia. Dengan BAB, berbagai sisa makanan dapat dikeluarkan oleh tubuh. Itu sebabnya BAB terlalu sering atau terlalu jarang bisa menjadi suatu masalah dalam dunia kesehatan. 

Frekuensi BAB bisa bervariasi antara satu orang dengan orang lain, tergantung pada pola makan dan aktivitas.

Tingkat kelunakan BAB setiap orang juga berbeda-beda, dan itu dapat menggambarkan bagaimana pola diet orang tersebut.

Menurut berbagai penelitian, tidak ada ketentuan baku yang menyatakan bahwa BAB harus setiap hari. Para ahli kesehatan sepakat bahwa frekuensi BAB tiga kali sehari hingga tiga kali seminggu masih dikatakan normal.

Standar normal BAB orang tidak semuanya sama. Berdasarkan sebuah survei yang dilakukan oleh Healthline di Amerika Serikat terhadap 2.000 responden, didapatkan pola BAB sebagai berikut:

- Hampir 50% orang BAB sekali sehari, 28% BAB dua kali sehari, dan hanya 5.6% orang BAB sekali atau dua kali seminggu.

- Sekitar 61% responden melaporkan bahwa mereka melakukan BAB pada pagi hari. Sementara itu, 22% melakukan BAB pada siang hari dan 2.6% pada malam hari.

Dengan BAB, berbagai sisa makanan dapat dikeluarkan oleh tubuh. Itu sebabnya BAB terlalu sering atau terlalu jarang bisa menjadi suatu masalah dalam dunia kesehatan.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News