JPNN.com

Haruskah Mengganti Kopi Hitam dengan Kopi Hijau?

Rabu, 18 September 2019 – 20:18 WIB Haruskah Mengganti Kopi Hitam dengan Kopi Hijau? - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Di tengah perdebatan tentang minuman dingin versus es kopi terus berlangsung, ada produk lain yang kini banyak menarik perhatian pecinta kopi, terutama di antara orang-orang yang sadar kesehatan, yakni ekstrak kopi hijau. 

Meskipun kopi hitam dan ekstrak kopi hijau dibuat dari biji-bijian yang sama, ekstrak kopi hijau tidak seperti kopi lainnya -baik dalam hal rasa maupun cara pembuatannya.

"Sementara kopi dingin dibuat dengan merendam biji kopi dalam air bersuhu kamar selama berjam-jam, ekstrak kopi hijau pada dasarnya adalah senyawa yang telah diambil dari biji kopi hijau," kata Luis Cisneros-Zevallos, PhD, seorang profesor dalam ilmu pangan dan hortikultura di Universitas A&M Texas, seperti dilansir laman MSN, Selasa (17/9).

Secara teknis, semua biji kopi berwarna hijau ketika dipanen. Kopi kemudian dipanggang dan diproses dengan berbagai rasa sebelum berakhir ditangan barista Anda. Dalam kasus ekstrak kopi hijau, yang mereka lakukan adalah bukannya memanggang kopi hijau itu, mereka mengambil kacang/biji kopi yang berwarna hijau itu dan mengekstrak semua komponen berbeda yang ada dalam biji kopi yang berwarna hijau tersebut.

"Ternyata, biji kopi hijau yang tidak diolah mengandung banyak senyawa baik untuk Anda, termasuk kafein. Secara khusus, biji kopi hijau mengandung jumlah zat yang sangat tinggi yang disebut asam klorogenik, yang memiliki efek antioksidan pada tubuh," jelas Dr. Cisneros-Zevallos. 

Studi menunjukkan bahwa asam klorogenik yang terdapat dalam kopi hijau bisa membantu dalam manajemen berat badan, dan bisa membantu mencegah gangguan metabolisme seperti diabetes, dan bahkan melindungi terhadap penyakit jantung.

Masalahnya, ekstrak kopi hijau tidak benar-benar terasa seperti apa pun - dan pasti tidak terasa seperti kopi. Tentu, Anda bisa menambahkan suplemen atau bubuk ke minuman ini untuk mendapatkan manfaatnya. Kopi ini memang tidak akan membuat Anda mendapatkan kesenangan seperti jika Anda minum kopi hitam, tetapi pada saat yang sama, kopi hijau akan memberi Anda manfaat.

Dengan ekstrak kopi hijau, Anda juga harus memperhatikan berapa banyak yang Anda konsumsi. Cisneros-Zevallos mengatakan ada batasan jumlah yang bisa Anda minum dengan aman. Masalahnya adalah, berdasarkan penelitian saat ini, tidak jelas berapa banyak yang harus Anda konsumsi untuk mendapatkan manfaatnya.(fny/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...