Hasil Penelitian Terbaru, Khasiat Telo Ungu Ternyata Luar Biasa

Hasil Penelitian Terbaru, Khasiat Telo Ungu Ternyata Luar Biasa
Ilustrasi Foto: pixabay

jpnn.com, MALANG - Ubi jalar warna ungu ternyata punya khasiat mencegah terjadinya penyakit jantung koroner. Makanan yang dianggap sebagian masyarakat sebagai makanan kelas dua itu sudah diujikan.

Hasilnya sukses. Penelitinya, Dr dr Meddy Setiawan akan mengenalkan telo ungu sebagai pencegah kangker di Toronto, Kanada, 18-1 September mendatang.

FAJRUS SHIDDIQ

Temuan dosen Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) membawa nama telo ungu ke dunia medis internasional, khususnya jantung. Meski telo sebenarnya sudah banyak diteliti para profesor dalam dan luar negeri.

Hanya saja, untuk penemuannya terakti hubungan telo ungu dengan jantung koroner, baru dirinya yang sukses. Dan mendapatkan paten.

Saat ditemui Jawa Pos Radar Malang di kantor Tata Usaha Fakultas Kedokteran UMM, Senin (24/7), Meddy baru saja selesai menguji skripsi mahasiswanya.

Dia kemudian menceriatakan bagaimana dirinya bisa diundang ke Toronto, Canada dua bulan mendatang dalam gelaran Annual Conference on Heart Diseases. Dia mengalahkan ribuan pendaftar dari berbagai Negara. ”Hasil penelitian ini berdasar disertasi saya yang akan segera dipatenkan,” ujarnya.

Dokter kelahiran Blitar 21 Mei 1968 tersebut awalnya merasa heran dengan warga Irian Jaya. Meski dalam sehari-hari mereka mengkonsumi lemak yang tinggi, seperti makan daging babi, namun angka penyakit jantung terbilang rendah.

Ubi jalar warna ungu ternyata punya khasiat mencegah terjadinya penyakit jantung koroner. Makanan yang dianggap sebagian masyarakat sebagai makanan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News