Hasil Riset: Pembelian Barang Elektronik di e-Commerce Mengalami Lonjakan

Hasil Riset: Pembelian Barang Elektronik di e-Commerce Mengalami Lonjakan
Ilustrasi belanja online. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Hasil riset MarkPlus mengenai perilaku belanja konsumen e-commerce di Indonesia saat ini mengalami lonjakan, terutama untuk pembelian produk elektronik.

Dijelaskan, selain produk fesyen dan kecantikan, pembelian produk elektronik di platform e-commerce selama masa pandemi ikut mengalami kenaikan.

Dari 500 responden, sekitar 26 persen membeli produk elektronik rumah tangga seperti microwave, blender, dan mixer.

Hal itu dibenarkan oleh General Manager of Home Appliances Polytron Albert Fleming yang merasakan kenaikan penjualan secara online, dan penurunan penjualan secara offline.

"Adanya gratis pengiriman membuat peningkatan penjualan produk elektronik," ungkap Albert dalam seminar hasil riset Perilaku Belanja e-Commerce 2021 di Jakarta, Kamis (4/3).

"Karena barang elektronik yang besar, ongkos kirim dapat menjadi mahal. Konsumen lebih memilih penjual yang menyediakan gratis pengiriman."

Sementara itu, terkait platform e-commerce pilihan konsumen tercatat bahwa JD.ID menempati peringkat pertama dengan angka 51 persen.

Kemudian disusul Tokopedia (50 persen), Lazada (34 persen), Shopee (29 persen), Blibli (26 persen), dan Bukalapak (19 persen). Peringkat ini juga dipengaruhi dengan orisinalistas produk.

Riset MarkPlus menunjukkan kenaikan perilaku konsumen di platform e-Commerce selama pandemi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News