Hasil Survei: Ketum SNNU Witjaksono Tokoh Maritim Paling Perhatian Terhadap Nelayan

Hasil Survei: Ketum SNNU Witjaksono Tokoh Maritim Paling Perhatian Terhadap Nelayan
Ketua Umum Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama (SNNU) Witjaksono. Foto: Dok SNNU

jpnn.com, JAKARTA - Hasil survei terbaru Indodata menunjukkan Ketua Umum Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama (SNNU) Witjaksono merupakan tokoh maritim yang paling punya perhatian serius terhadap para nelayan.

"Siapa tokoh yang paling perhatian dan dekat dengan nelayan? Witjaksono, Susi Pudjiastuti, disusul Yadi Sofyan Noor," kata Direktur Eksekutif Indodata, Danis T Saputra, dalam rilisnya, Rabu (21/9/2022).

Dari survei yang dilaksanakan secara nasional pada tanggal 20 – 28 Agustus 2022, Witjaksono paling unggul (11,3%), disusul Susi Pudjiastuti (10,2%), Yadi Sofyan Noor (8,5%), Bambang Haryo Soekartono (6,2%), Riza Damanik (4,0%), HE Purnomo (2,2%), Ribut Bachtiar (1,9%).
?Rilis survei dengan tema “Kinerja Pemerintah Bidang Maritim dan Aspirasi Nelayan” tersebut juga mengungkapkan sejumlah kendala yang dialami sector nelayan saat ini.

Di antaranya ialah masalah regulasi, masalah infrastruktur, masalah kultur, dan masalah teknologi.

“Dalam survei kami, kendala yang dialami sektor nelayan saat ini ialah masalah regulasi (30,8%), masalah infrastruktur (17,8%), masalah kultur (15,3%), dan masalah teknologi (12,3%),” kata Danis T Saputra, yang juga dosen ilmu politik UPN Veteran Jakarta tersebut.

Selain itu, survey ini juga memotret tentang keluhan para nelayan. Di antaranya masalah modal (28,0%), subsidi (25,6%), lebih diperhatikan (17,7%), dan kesejahteraan (11,0%).

“Beberapa aspirasi para nelayan, di antaranya masalah modal (28,0%), subsidi (25,6%), lebih diperhatikan (17,7%), dan kesejahteraan (11,0%),” tambah Danis T Saputra.

Survei dilakukan secara nasional pada 34 provinsi di Indonesia. Proses pengambilan data dilakukan pada tanggal 20 – 28 Agustus 2022.

Hasil survei terbaru Indodata menunjukkan Ketua Umum Serikat Nelayan NU Witjaksono merupakan tokoh maritim yang paling punya perhatian serius terhadap nelayan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News