Hasil Survei LSI Patut Dikritisi

Diragukan, Migrasi Pemilih Demokrat ke Golkar Karena Isu Korupsi

Hasil Survei LSI Patut Dikritisi
Hasil Survei LSI Patut Dikritisi
JAKARTA - Hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) tentang tergerusnya suara Partai Demokrat karena kasus M Nazaruddin yang dibarengi hijrahnya pendukung partai binaan Susilo Bambang Yudhoyono itu ke Golkar justru memicu pertanyaan kritis. Peneliti Charta Politika, Yunarto Wijaya, mengaku sepakat jika suara Demokrat memang menjadi turun karena persoalan Nazaruddin.

Namun Yunarto mempertanyakan jika kasus Nazaruddin itu membuat pendukung Demokrat hijrah ke Golkar. Menurutnya, yang menjadi pertanyaan adalah migrasi lima persen dari suara Demokrat di wilayah perkotaan ke Partai Golkar lantaran isu korupsi. 

"Segmen pemilih Golkar ada di pedesaan, bukan masyarakat perkotaan. Jadi kecil kemungkinan pemilih Demokrat di perkotaan bermigrasi ke Golkar," ujar Yunarto saat dihubungi di Jakarta, Senin (13/6).

Kalaupun migrasi pemilih perkotaan terjadi, imbuhnya, justru seharusnya Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang mendulang suara pindahan dari Demokrat. "Karena PKS memang kuat di perkotaan," tuturnya.

JAKARTA - Hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) tentang tergerusnya suara Partai Demokrat karena kasus M Nazaruddin yang dibarengi hijrahnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News