Hasil Survei: Publik Mendambakan Presiden yang Mampu Atasi Masalah Ekonomi

Hasil Survei: Publik Mendambakan Presiden yang Mampu Atasi Masalah Ekonomi
Lembaga strategi kampanye politik, Point Indonesia merilis hasil survei nasional bertajuk "5 Capres Pilihan Publik 2024" pada Minggu (10/04). Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga strategi kampanye politik, Point Indonesia merilis hasil survei nasional bertajuk "5 Capres Pilihan Publik 2024" pada Minggu sore (10/04).

Dalam survei yang dilaksanakan pada tanggal 11 hingga 22 Maret 2022 ini, Point Indonesia menggunakan metode Multistage Random Sampling dengan sebaran sampel secara proporsional di 34 Provinsi.

Jumlah sampling ialah sebanyak 1.916 responden dengan margin o error +-2,24 %.

Dalam survei nasional ini, Point Indonesia berhasil mengklasifikasikan sejumlah temuan utama antara lain, Prabowo Subianto masih menjadi kandidat presiden yang paling populer dengan persentase 28%.

Calon Presiden lainnya yang juga masuk dalam ranking 5 besar ialah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo 24,1 %, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno 21,7 %, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 10,3 % dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 7,2%.

Selain itu, publik memiliki kata kunci khusus dalam melihat permasalahan ekonomi hari ini mulai dari lapangan kerja dan pengangguran, kenaikan harga. Kebutuhan pokok dalam hal ini harga minyak goreng, kenaikan harga BBM, hingga rencana kenaikan harga pertalite juga gas LPG 3 kg.

Untuk itu dalam survei yang dirilis oleh Point Indonesia tergambar bahwa publik menginginkan pemimpin yang memiliki perhatian pada ketiga isu di atas. Dari hasil survei, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno muncul sebagai tokoh yang dinilai mampu untuk menjawab tantangan itu.

"Merujuk pada hasil Survey Nasional 5 Capres Pilih Publik, Sandiaga Uno masih menjadi tokoh yang berkomitmen penuh pada pemulihan ekonomi, salah satunya memanfaatkan kebijakan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai katalis pemulihan ekonomi nasional," ujar Usmar, Peneliti Senior Point Indonesia yang juga menjabat sebagai Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Dari hasil survei, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno muncul sebagai tokoh yang dinilai mampu untuk menjawab tantangan itu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News