Hasil Survei Terbaru: Prabowo Melesat, Anies Jeblok, Ganjar?

Hasil Survei Terbaru: Prabowo Melesat, Anies Jeblok, Ganjar?
Hasil survei terbari NEW INDONESIA Research & Consulting menunjukkan elektabilitas Prabowo Subianto terus melesat dan kini telah mencapai 26,5 persen. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Dalam separuh pertama tahun 2023, bursa calon presiden masih dikuasai oleh tiga besar, tetapi bergerak secara dinamis.

Temuan survei NEW INDONESIA Research & Consulting menunjukkan elektabilitas Prabowo Subianto terus melesat dan kini telah mencapai 26,5 persen.

Dengan raihan tersebut, Prabowo kini berada pada posisi unggul, disusul Ganjar Pranowo pada peringkat kedua. Elektabilitas Ganjar cenderung stagnan, setelah sempat menembus 25 persen pada Maret 2023, kini bergerak di kisaran 23 persen, atau tepatnya 23,6 persen.

Sementara itu Anies Baswedan berada pada posisi juru kunci atau peringkat ketiga, dengan tren elektabilitas yang terus bergerak menurun.

Elektabilitas Anies tertinggi mencapai 18 persen pada awal tahun, dan terus merosot hingga kini tersisa 13,3 persen.

“Elektabilitas Prabowo terus melesat dan unggul, sementara Ganjar cenderung stagnan dan Anies jeblok,” ungkap Direktur Eksekutif NEW INDONESIA Research & Consulting Andreas Nuryono dalam siaran pers di Jakarta, pada Senin (24/7).

Menurut Andreas, pergerakan elektabilitas Ganjar mengalami titik balik setelah pernyataan gubernur Jawa Tengah itu, didukung sejumlah elite PDIP, menolak kehadiran timnas Israel dalam Piala Dunia U20 yang semestinya digelar di Indonesia.

Mencermati anjloknya elektabilitas Ganjar, PDIP memutuskan untuk mempercepat deklarasi pencapresan sebelum Lebaran.

Survei NEW INDONESIA Research & Consulting dilakukan pada 5-12 Juli 2023 terhadap 1200 orang mewakili seluruh provinsi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News