Hasil Survei: TNI Paling Memuaskan, DPR dan Parpol Sangat Mengecewakan, Bagaimana Kepolisian?

Hasil Survei: TNI Paling Memuaskan, DPR dan Parpol Sangat Mengecewakan, Bagaimana Kepolisian?
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat mengecek pasukan dalam Apel Gelar Kesiapan Tenaga Vaksinator dan Tracer Covid-19 di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa pagi (9-2-2021). (ANTARA/Syaiful Hakim)

jpnn.com, JAKARTA - Hasil survei Parameter Politik Indonesia memperlihatkan kepuasan masyarakat terhadap kinerja Tentara Nasional Indonesia (TNI) masih yang tertinggi dari sejumlah lembaga negara yang ada.

Sebanyak 86 persen menyatakan puas dengan kinerja TNI. Disusul Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) 64,9 persen dan Mahkamah Konstitusi (MK) di urutan ketiga 62,5 persen.

Kepuasan responden terhadap kinerja lembaga MPR, DPR, dan partai politik menjadi yang paling rendah, berada di kisaran 50 persen.

"Sementara lembaga kepolisian, walaupun memiliki tingkat kepuasan mencapai 62,1 persen, namun yang tidak puas mencapai 31,8 persen. Sehingga berada di bawah BPK dan MA," ujar Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno dalam keterangannya, Senin (22/2).

Hasil survei juga menunjukkan mayoritas responden paling optimistis terhadap perbaikin kinerja TNI ke depan. Skornya mencapai 7,9.

Disusul lembaga kepredisenan dengan skor 7,1 dan KPK skornya mencapai 6,8.

"Sementara MPR, DPR dan partai politik menjadi lembaga yang mendapat skor optimisme terendah, di bawah 5,5," kata Adi.

Responden pada survei kali ini adalah warga Indonesia yang telah memiliki hak pilih, sesuai undang undang yang berlaku.

Hasil survei menunjukkan kepuasan masyarakat terhadap kinerja TNI masih yang tertinggi dari semua lembaga negara yang ada. Kepolisian?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News