Hasto Pastikan Prof Mahfud Sudah Legawa, Nih Buktinya

Hasto Pastikan Prof Mahfud Sudah Legawa, Nih Buktinya
Moh Mahfud MD (paling kiri) dalam rapat Dewan Pengarah Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) bersama tokoh lainnya di Jakarta, Rabu (15/8). Foto: dokumentasi BPIP for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - PDI Perjuangan tak mempersoalkan pengakuan Prof Moh Mahfud MD yang membeber intrik dalam penentuan calon wakil presiden (cawapres) pendamping Joko Widodo (Jokowi). Hal yang justru disayangkan partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu adalah adanya pihak yang mendramatisasi pernyataan Mahfud.

Menurut Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto, seluruh dinamika penetapan cawapres pendamping Jokowi masih wajar. “Bahkan jauh lebih beradab dibandingkan dengan penetapan cawapres pendamping Prabowo (Sanduaga Uno, red) yang diwarnai transaksi jual beli dukungan atau mahar politik sebesar Rp 1 triliun,” ujar Hasto melalui pesan singkat, Rabu (15/8).

Hasto menegaskan, penetapan KH Ma’ruf Amin sebagai cawapres pendaping Jokowi dilakukan melalui dialog para pemimpin. Bahwa di dalamnya ada dinamika dan dialektika kepentingan antar-partai, kata Hasto, hal itu merupakan sesuatu yang wajar.

Politikus asal Yogyakarta itu menambahkan, pada akhirnya Jokowi mengambil keputusan atas dasar pilihan nurani dan kemerdekaan politik dalam mencari cawapres. Pilihannya pada sosok Kiai Ma’ruf yang dikenal mumpuni lahir dan batin dan tanpa diwarnai patgulipat soal uang.

“Jangan jadikan pilpres sebagai pertarungan kekuatan uang. Kami bangga dengan Pak Jokowi yang telah memilih KH Mar’uf atas dasar pilihan nurani. Kami mencari pemimpin, bukan pedagang politik,” tuturnya.

Hasto Pastikan Prof Mahfud Sudah Legawa, Nih Buktinya

Oleh karena itu Hasto menegaskan, Mahfud MD sudah sangat legawa meski urung menjadi cawapres Jokowi. Buktinya, mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu sudah bercengkerama lagi dengan tokoh bangsa lainnya yang tergabung dalam Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Rapat Dewan pengarah BPIP itu dihadiri langsung Megawati selaku ketua dan sejumlah tokoh lain seperti Try Sutrisno, Buya Syafii Maarif dan juga Mahfud. “Semua menampakkan keakraban di antara pemimpin,” tegasnya.(ara/jpnn)


Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyayangkan pihak-pihak yang mendramatisasi pengakuan Mahfud MD tentang intrik dalam penentuan cawapres pendamping Jokowi.


Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News