Hati-hati! Ikan Berformalin Marak di Pasar

Hati-hati! Ikan Berformalin Marak di Pasar
Ilustrasi. Foto: Malut Post

jpnn.com - TARAKAN – Ini peringatan bagi masyarakat Tarakan yang sering membeli mengonsumsi udang dan ikan di pasar.

Pasalnya, belum lama ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Tarakan mendapatkan contoh udang dan ikan yang positif mengandung formalin.

Itu dibuktikan dengan hasil uji laboratorium yang dilakukan di lab kesda milik Dinkes.

Kepala Dinas Kesehatan Subono menjelaskan, awalnya pihaknya mendapatkan laporan dari masyarakat yang mencurigai adanya ikan berformalin saat membelinya di salah satu pasar di Tarakan.

Mendapatkan laporan tersebut, pihaknya coba menelusuri temuan itu dengan mengambil beberapa sample di pasar untuk diuji coba di laboratorium kesda.   

Dari enam sample yang diuji, tiga di antaranya positif berformalin. Yakni udang, ikan layang dan ikan kembung. Bahkan, walaupun sudah dicuci dengan asam cuka, hasilnya tetap positif berformalin.

“Pokoknya dari enam sample itu ada tiga atau empat yang dicuci pakai asam cuka, katanya biar hilang, ternyata tetap positif juga,” ujar Kepala Dinkes Tarakan Subono saat ditemui Bulungan Post di kediamannya di perumahan PNS, Sabtu (10/9). (mrs/uki/jos/jpnn)


TARAKAN – Ini peringatan bagi masyarakat Tarakan yang sering membeli mengonsumsi udang dan ikan di pasar. Pasalnya, belum lama ini, Dinas Kesehatan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News