Hati-hati, Ini Dampak Buruk Kecemasan dalam Hidup

Hati-hati, Ini Dampak Buruk Kecemasan dalam Hidup
Ilustrasi. Foto: dok. JPNN

Kita semua menderita kecemasan di beberapa titik dalam kehidupan. Namun, penelitian baru menemukan bahwa menjadi cemas benar-benar bisa mengacaukan penilaian Anda untuk membuat sebuah keputusan dalam hidup.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Cell Press menemukan bahwa orang yang menderita kecemasan kurang mampu membedakan antara hal-hal yang baik dan buruk, mengancam dan tidak terancam

 Orang-orang yang menderita kecemasan memiliki lebih banyak aktivitas yang berhubungan dengan rasa takut. Ini berbeda dengan mereka yang tidak mengalami kecemasan.

" Kadang-kadang respon kecemasan bisa membuat kita kewalahan. Hal ini sangat sulit bagi orang-orang untuk membedakan antara situasi yang menyebabkan mereka stres, tidak nyaman dan berbahaya," kata psikolog klinis berlisensi, Dr. Alicia H. Clark, Psy.D, seperti dilansir laman Glamour.

Akibatnya, orang yang gelisah/cemas bisa merasa kewalahan dan bahkan kehilangan kepercayaan dalam kemampuan mereka untuk secara akurat membaca situasi.
 

" Sangat mudah untuk kehilangan kepercayaan dalam penilaian Anda ketika cemas," pungkas Clark. Karena itu belajarlah untuk tetap tenang dan menghindari kecemasan agar bisa membuat keputusan dalam hidup Anda. (fny/flo/jpnn)

 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News